Jakarta (ANTARA) -
Pramono Anung merupakan salah satu politikus yang saat ini dicalonkan untuk berkontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta sebagai calon gubernur DKI Jakarta yang dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
 
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 11 Juni 1963, Pramono Anung Wibowo memulai karier politiknya sebagai anggota DPR RI, di mana ia terlibat dalam kebijakan penting seperti pengembangan infrastruktur dan reformasi birokrasi.
 
Pada tahun 2000, ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PDIP dan lima tahun kemudian diangkat sebagai Sekretaris Jenderal PDIP.

Ia berperan dalam upaya memenangkan Megawati Soekarnoputri pada Pemilu 2009, namun Megawati yang berpasangan dengan Prabowo Subianto kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono.
 
Tak hanya itu, Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak 12 Agustus 2015 dan kembali menduduki jabatan tersebut dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024.
 
Pramono sebelumnya merupakan Wakil Ketua DPR RI dari 2009 hingga 2014 mewakili Fraksi PDI Perjuangan. Kariernya dimulai di dunia bisnis sebelum memasuki politik dan bergabung dengan PDI Perjuangan.
 
Pramono menyelesaikan pendidikan sarjananya di Teknik Pertambangan ITB dan melanjutkan studi Magister Manajemen di UGM.

Pada 11 Januari 2013, ia meraih gelar doktor dalam Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjajaran setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Komunikasi Politik dan Interpretasi Para Anggota DPR terhadap Konstituen Mereka".
 
Saat ini, Pramono Anung bersama Rano Karno yang merupakan pasangannya sebagai calon wakil gubernur (cawagub), bersaing dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Pasangan Pramono Anung - Rano Karno diusung langsung oleh PDIP Perjuangan dan didukung oleh Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).
 
Dengan pengalaman politik yang mendalam dan rekam jejak yang solid, Pramono Anung menawarkan solusi nyata untuk masalah yang dihadapi ibu kota. Pemilihan gubernur yang akan datang menjadi peluang bagi warga Jakarta untuk memilih pemimpin yang dapat menghadirkan perubahan positif bagi kota mereka.
 
Profil singkat Pramono Anung
 
Keluarga
 
Istri: Endang Nugrahani
Anak: 2, termasuk Hanindhito Himawan Pramana
 
Karier
 
- Sekretaris Kabinet Republik Indonesia (2015)
- Sekretaris Kabinet Republik Indonesia (2019 - 2024)
 
Pendidikan
 
- SD Pawyatan Daha Kediri.
- SMP Pawyatan Daha Kediri (1976 - 1979)
- SMA Negeri 1 Kediri (1979 - 1982)
- Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (2010 - 2013)
- Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (1990 - 1992)
- Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (1982 - 1988)
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024