Jakarta (ANTARA) - Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer dan serbaguna di seluruh dunia, karena rasanya yang enak dan bergizi. Di Indonesia buah pisang tumbuh subur dan beragam. Setiap jenisnya juga memiliki citra rasa dan bentuk ukuran yang berbeda-beda.

Buah ini tidak hanya bisa dimakan secara langsung, pisang juga dapat diolah menjadi berbagai cemilan yang lezat yang menggugah selera. Sebagai contoh olahan pada buah pisang, yaitu pisang goreng, keripik pisang, roti atau bolu pisang, kolak pisang, dan sebagainya.

Namun, tidak semua jenis pisang cocok untuk diolah dengan sembarangan. Masing-masing jenis pisang memiliki karakteristik yang berbeda, seperti tingkat kematangan, tekstur, dan rasa.

Sehingga diperlukan metode pengolahan yang tepat untuk memastikan hasil yang optimal, dengan memilih jenis pisang yang sesuai sebagai bahan untuk olahan makanan atau minuman.

Berikut jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia, beserta olahan yang cocok untuk berbagai jenis makanan atau minuman:

1. Pisang Ambon

Pisang Ambon dikenal dengan rasa manis dan teksturnya yang lembut. Biasanya, pisang ini digunakan untuk dimakan langsung atau sebagai bahan tambahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut.

  • Cocok untuk diolah sebagai : keripik pisang, pisang goreng, dan kue atau bolu pisang

2. Pisang Raja

Pisang Raja memiliki bentuk yang panjang dan sedikit melengkung. Ukuran yang bervariasi dengan pisang jenis lain, tetapi rasanya sangat manis dan aroma nya yang harum.
  • Cocok untuk diolah sebagai : Kue bolu pisang, kue nagasari, dan es pisang hijau

3. Pisang Nangka

Pisang ini memiliki warna kulit yang hijau dan ketika matang memiliki citra rasa yang manis dan sedikit asam. Jenis pisang ini memiliki tekstur yang keras sehingga kurang cocok untuk dimakan secara langsung.
  • Cocok untuk diolah sebagai : Kolak pisang, pisang goreng madu, keripik pisang

4. Pisang Kepok

Pisang ini memiliki bentuk yang pipih dan segiempat yang panjang, dengan kulit yang tebal dan tekstur yang sedikit dan keras sehingga tidak cocok untuk dimakan langsung.
  • Cocok untuk diolah sebagai : Kolak pisang, pisang goreng, pisang kukus

5. Pisang Barangan

Pisang barangan adalah jenis pisang yang biasanya memiliki ukuran sedang dan kulit yang tebal. Pisang ini sering dikenal dengan rasa yang manis dan teksturnya yang lembut. Pisang barangan umumnya digunakan untuk dimakan langsung.

  • Cocok diolah sebagai : keripik pisang atau kue pisang.

6. Pisang Tanduk

Sesuai dengan namanya, pisang ini memiliki ukuran yang panjang menyerupai tanduk hewan. Untuk citra rasa, pisang tanduk punya rasa yang manis dan sedikit asam.

  • Cocok diolah sebagai : pisang goreng yang renyah dan manis atau kolak pisang
Baca juga: Alasan pisang cocok untuk diet, rendah kalori dan kenyang lebih lama
Baca juga: Resep roti pisang cokelat ala rumahan

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024