agar pada saat penerapan nantinya tidak ada yang ketinggalan dan tidak bisa bertransaksi seperti biasanya
Surabaya (ANTARA) - Manajer Communication, Relations and CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengungkapkan cara cepat untuk mendapat QR Code bagi konsumen yang mendaftar BBM subsidi tepat pertalite.

“Kita bagikan tips agar pada saat penerapan nantinya tidak ada yang ketinggalan dan tidak bisa bertransaksi seperti biasanya,” kata Ahad Rahedi 1 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Ahad menyatakan banyak konsumen pertalite yang sudah mencoba mendaftar subsidi tepat namun tak kunjung mendapatkan QR Code sehingga Pertamina Patra Niaga membagikan tips agar langsung menerima QR Code.

Ia menyebutkan agar cepat mendapat QR Code maka konsumen harus menyiapkan dokumen yaitu STNK, KTP, serta foto kendaraan tampak samping dan depan.

Ia menegaskan semua dokumen harus jelas serta bisa terlihat dan terbaca pada saat memfoto termasuk kualitas dokumen yang juga harus diperhatikan agar tulisannya tidak ada yang rusak dan kabur.

Baca juga: Menko Luhut yakin pembatasan BBM Pertalite tak akan ganggu daya beli

Baca juga: Pertamina terus sosialisasikan pengguna Pertalita untuk daftar QR Code


Seluruh dokumen tersebut dilampirkan saat masyarakat mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

“Pertamina Patra Niaga menggunakan teknologi AI dan dibantu verifikasi apabila tidak dapat terbaca sempurna maka akan dikembalikan. Dan hal ini yang akan memakan waktu,” ujar Ahad.

Ahad menuturkan apabila masyarakat tetap kesulitan maka dapat mendatangi SPBU terdekat maupun booth subsidi tepat yang tersedia di area publik.

Hal itu lantaran Pertamina telah menyediakan layanan konsultasi di seluruh SPBU dan beberapa booth yang dibuka baik kerjasama dengan pemerintah daerah (pemda) maupun mandiri.

Masyarakat juga dapat menggunakan layanan konsultasi melalui saluran Call Center Pertamina 135, video call Aplikasi MyPertamina, Chatbot NADIA yaitu Aplikasi MyPertamina dan WhatsApp ke 08111350135.

Berdasarkan data Pertamina, total kendaraan se-Jawa Timur yang telah mendapatkan QR Code mencapai 457.445 kendaraan.

“Animo pendaftar sebenarnya jauh lebih banyak dari itu namun masyarakat harus teliti dalam mengunggah dokumen, ketepatan dan kecermatan menjadi kunci,” kata Ahad.

Salah satu pendaftar subsidi tepat yaitu Agung mengaku telah mendapatkan QR Code hanya dalam 15 menit setelah mendaftarkan kendaraannya.

Agung mengatakan cepatnya QR Code yang diterima karena dokumen-dokumen yang dilampirkan saat proses pendaftaran sudah sesuai dengan ketentuan dan mudah dibaca.

“Alhamdulillah mudah 15 menit selesai. Asal semua dokumen siap maka proses pendaftaran mudah lalu tinggal unggah semua dokumen isi data diri QR Code langsung keluar,” katanya.

Baca juga: Anggota DPR dukung Pertamina perluas pendaftaran QR Code Pertalite

Baca juga: Pertamina Patra Niaga: Pertalite tetap disalurkan 1 September 2024

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024