mengawal surat aspirasi masyarakat Madura tentang masalah PP 28 terutama Pasal 103 ayat 4
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima audiensi, sekaligus menyerap aspirasi para ulama Madura, Jawa Timur, mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

"Saat ini kami rombongan ulama Madura di rumah dinas Wapres dalam rangka mengawal surat aspirasi masyarakat Madura tentang masalah PP 28 terutama Pasal 103 ayat 4, di mana masyarakat Muslim terutama di Madura sangat resah dengan isi pasal itu," kata perwakilan LPI An-Noun Palengaan, Pamekasan Muhdlar Abdullah usai melakukan audiensi dengan Wapres di Jakarta, Selasa.

Dalam Pasal 103 ayat 4 PP tersebut disebutkan pelayanan kesehatan reproduksi paling sedikit meliputi:
a. deteksi dini penyakit atau skrining;
b. pengobatan;
c. rehabilitasi;
d. konseling; dan
e. penyediaan alat kontrasepsi.

Ulama Madura ditengarai keberatan dengan poin e mengenai penyediaan alat kontrasepsi sebagai salah satu pelayanan kesehatan reproduksi.

"Oleh karena itu kiai Madura yang terkumpul dalam himpunan pesantren di Madura menyampaikan hal tersebut kepada Wapres," jelas dia.

Baca juga: KPAI minta hapus Pasal 103 Ayat 4 PP Kesehatan, terkait kontrasepsi
Baca juga: MUI Makassar desak revisi PP 28/2024 pasal Penyediaan Alat Kontrasepsi


Menurutnya, Wapres sangat mengapresiasi apa yang menjadi harapan masyarakat Madura. Wapres pun langsung meminta jajarannya untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Madura kepada pihak-pihak terkait, terutama Menteri Kesehatan.

"Beliau sangat memahami aspirasi masyarakat Madura dan beliau insyaallah akan berupaya agar hal-hal yang sifatnya multitafsir bisa diperjelas. Kalau perlu pasal-pasal yang sekiranya menimbulkan kontradiksi bisa dihapus," kata dia.

Wapres dalam audiensi, kata dia, juga menyampaikan hal-hal umum yang bersifat perjuangan dalam menegakkan NKRI terutama fungsi umat Islam dalam ikut serta memberikan kontribusi bagi kepentingan bangsa dan negara di masa-masa yang akan datang.

Berdasarkan informasi yang diterima, selain Muhdlar Abdullah, para ulama Madura yang turut hadir yaitu Ketua PCNU Kabupaten Pamekasan Taufik Hasyim; perwakilan Lembaga Pesantren Islam Al-Hamdi Pamekasan Rofi'e Baidlowi; dan perwakilan Ponpes Al-Amin Sumenep KH Sofyan.

Selain itu perwakilan Ponpes Salafiah Bujahan Bangkalan Syafi' Rofi'i; perwakilan Ponpes Al-Nasiri Seninan Bangkalan Nasir Makki; perwakilan Ponpes Darul Ulum Gersempal Sampang Syafi'uddin Abd Wahid; serta perwakilan Ponpes Al Ihsan Jarangoan Sampang KH Muklis.

Baca juga: Pakar: Perlu pengendalian penyediaan kontrasepsi bagi remaja
Baca juga: Kemenkes: Penyediaan alat kontrasepsi untuk remaja yang sudah menikah
Baca juga: Komnas: Penyediaan kontrasepsi bagi remaja cegah pemaksaan perkawinan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024