Manusia di Kutai Timur harus menjadi pendorong dan pendobrak ekonomi berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar Billy Mambrasar mengajak anak muda Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur, untuk menjadi pemasok kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saya ingin mendorong sektor pertanian dan UMKM di Kutai Timur, sehingga anak-anak muda di sini bisa menjadi pengusaha yang menyuplai makanan dan kebutuhan lainnya untuk IKN," kata Billy Mambrasar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ajakan Billi Mambrasar itu disampaikan kepada peserta Empowering Youth Talk Show di Sangatta, Kalimantan Timur, yang diikuti dari para pemuda Kutai Timur.

Menurut Billy, mereka jangan hanya menjadi penonton, tetapi juga mengambil peran aktif membantu Ibu Kota Nusantara dalam pasokan kebutuhan pokok, pangan sehingga dapat menggerakkan perekonomian daerahnya.

"Ini salah satu pintu untuk anak-anak muda Kutai Timur naik kelas. Dan dalam jangka panjang, apa yang kita kerjakan ini akan mendukung visi ketahanan pangan negara yang dirancangkan oleh Presiden terpilih Bapak Prabowo Subianto,” ujarnya.

Lebih lanjut, Billy menekankan pentingnya Kutai Timur dapat menjadi superhub IKN yang dapat menyuplai kebutuhan pangan, energi dan mineral bagi ibu kota baru sehingga akan menciptakan multiplayer effect bagi kedua wilayah tersebut untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan daerahnya.

“Menurut data dari para kurator IKN, perlu waktu 20-30 tahun untuk IKN siap 'berlari' sebagai sebuah kota. Kutai Timur harus menjadi penyangga IKN dan ikut mendapatkan dampak ekonomi dari hadirnya IKN di provinsi ini,” katanya.

Baca juga: Pemprov Kaltim gandeng GIZ kaji pengembangan ekonomi sekitar IKN
Baca juga: Kesempatan emas Kalteng menjadi pemasok pangan IKN


Selain itu, Billy yang juga merupakan Duta SDGs Indonesia melihat Kabupaten Kutai Timur sebagai salah satu kabupaten terkaya di Indonesia dengan cadangan batu bara dan kelapa sawitnya.

Namun ia menekankan bahwa kekayaan sumber daya alam harus juga diiringi dengan peningkatan sumber daya manusianya, khususnya para pemuda setempat yang dapat menjadi pendorong perekonomian wilayahnya secara berkelanjutan.

“Saya tidak bosan-bosan menekankan, Kutai Timur, terutama pemudanya, lebih berkembang lagi. Tidak bergantung pada SDA batu baranya saja, tetapi juga sumber daya manusianya. Manusia di Kutai Timur harus menjadi pendorong dan pendobrak ekonomi berkelanjutan,” katanya.

Ketua Kutai Timur Action Fikri Ghozali berharap kehadiran Billy Mambrasar menjadi momentum anak muda setempat untuk bergerak dan berkolaborasi mengambil peran dalam Pembangunan Kabupaten Kutai Timur dan sekitarnya.

“Pemuda di sini tidak hanya akan menjadi penonton, tetapi pemain utama dalam babak baru sejarah pembangunan Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kutim, Basuki Isnawan, mengapresiasi kehadiran Billy yang menurutnya sangat menginspirasi generasi muda.

“Kehadiran beliau dapat memotivasi anak muda di Kutai Timur. Harapannya, akan banyak ‘Billy Mambrasar’ yang bisa menjadi teladan dan pendorong kemajuan daerah,” katanya.

Baca juga: PUPR tata sistem pengairan untuk jadikan Penajam lumbung pangan IKN
Baca juga: Kadin Kaltim ingin terlibat dalam memperkuat ketahanan pangan di IKN
Baca juga: Presiden Jokowi sebut IKN akan tingkatkan permintaan produk pertanian

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024