Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-18 siap bersaing di FIBA Asia Cup U-18 2024 untuk merebut satu tiket menuju FIBA World Cup U-19 atau Piala Dunia Basket U-19 tahun depan.

Dalam keterangan resmi, Selasa, Manajer Timnas Indonesia U-18, Putra Murni Setionegoro mengatakan para pemain sampai di Yordania usai menempuh perjalanan 24 jam.

“Anak-anak masih jetlag dan mereka lelah sudah pasti. Tapi saya melihat semangat anak-anak masih tinggi. Mereka tetap semangat dalam latihan sore setibanya di Yordania,” kata Murni.

Murni menjelaskan bahwa para pemain tiba dalam kondisi sehat dan fit. Terkait dengan kondisi cuaca juga tidak menjadi kendala dalam proses adaptasi karena Yordania dalam kondisi panas yang mirip dengan Jakarta.

“Kabar baiknya, semua pemain dalam kondisi sehat walafiat apalagi cuaca di sini sama seperti di Jakarta. Panas. Para pemain tidak ada masalah dengan cuaca di sini. Jadi aman,” terang Murni.

Perjuangan di FIBA Asia Cup U-18 2024 ini merupakan perjalanan Indonesia menyentuh level dunia. Ini karena FIBA Asia Cup U-18 2024 menyiapkan empat tiket ke FIBA U18 World Cup 2025 di Swiss.

“Kami akan berusaha keras untuk bisa melewati ujian di fase grup ini untuk melaju ke 8 besar kemudian batu fokus ke 4 besar untuk bisa lolos ke FIBA World Cup U-19 tahun depan,” ujar Murni.

Di fase grup, Indonesia berada di Pool D bersama Selandia Baru, Filipina, dan tuan rumah Yordania. Perjuangan akan dimulai dengan melawan Filipina pukul 20.30 WIB di Arena Complex, Yordania, Selasa malam (3/9) yang pertandingannya disiarkan langsung di YouTube FIBA. Pada pertemuan terakhir melawan Filipina terjadi di FIBA U18 SEABA Qualifiers pada 19-21 Juli 2024. Saat itu, Indonesia kalah 64-87.

“Kami sangat optimistis bisa mengambil dari pertandingan melawan Filipina dan Yordania. Filipina pernah kita bertemu di ASG dan SEABA kemarin. Kita akan pelajari lagi video-video pertandingan untuk menyempurnakan strategi agar bisa memang, baik lawan Filipina maupun Yordania,” terang Asisten Pelatih Hari Alfa Kusumanegara.

“Kami sudah persiapkan semua dengan baik. Harapannya nanti bisa mengambil tiket 8 besar kemudian melaju ke empat besar untuk amankan tiket ke FIBA World Cup U19,” terang Halmaheranno Aprianto Lolaru Hady.


Baca juga: Timnas Basket U18 berjuang lewati fase grup FIBA Asia Cup

Baca juga: Timnas Basket U18 mantapkan persiapan jelang FIBA U18 Asia Cup 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024