Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 tim peserta bersaing ketat merebut gelar juara kejuaraan sepak bola usia muda, RRI Cup U-16 2024  di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, Selasa.

Di pertandingan perdana di grup A, tim unggulan PSF Academy Jakarta ditahan Ocean Star dari Banten. Meski mendominasi permainan, PSF Academy tak mampu membongkar pertahanan rapat dari juara seri Banten, Ocean Star. Selain itu di grup A juga menyajikan partai ketat antara SKO Pekanbaru dari Riau juga gagal menang dan ditahan imbang tanpa gol oleh Diklat Ken Arok dari Malang, Jawa Timur.

"Dengan hasil seperti ini, peluang empat tim untuk jadi juara Grup A masih sangat terbuka. Dua partai sisa di Grup A bagi masing-masing tim akan menentukan siapa yang ke semifinal," kata pengamat sepak bola yang juga inisiator RRI Cup, Mohamad Kusnaeni.

Nantinya di babak penyisihan grup ini hanya tim juara dari masing-masing grup A,B dan C yang akan dapat tiket otomatis ke babak semifinal. Sedangkan satu tiket tersisa diperebutkan oleh satu tim peringkat kedua terbaik.

Di Grup B, akan menyajikan persaingan antara Bogor City (Jabar), MK Lampung, Bintang Timur Academy (NTT), dan Sanggeni Purnama (Banten). Adapun Grup C dihuni Remci (Banten), JPL Semarang (Jateng), Taruna Paser (Kaltim), dan Sukabumi FA (Jabar).

Direktur Utama LPP RRI, I. Hendrasmo mengatakan bahwa kejuaraan RRI Cup 2024 digelar dalam rangka memeriahkan HUT RRI ke-79. "Selain itu, melalui kegiatan ini, kami ingin komunitas sepak bola usia muda lebih mengenal RRI dan siaran-siaran RRI," kata Direktur Utama LPP RRI, I. Hendrasmo.

Pembukaan ditandai dengan sirine dan sepak mula bersama. Selain Kusnaeni dan Hendrasmo, sepak mula diikuti Anwar Mujahid (Dewan Pengawas LPP RRI), Mistam (Ketua Panitia), dan Beben Guniandi (Kemenpora).

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif RRI menggelar turnamen sepak bola usia muda ini. Pemain muda butuh banyak ajang seperti ini untuk mengasah kemampuan sekaligus mengukur hasil latihan sehingga kemampuannya terus berkembang," kata Beben.

Babak penyisihan grup Seri Nasional RRI Cup masih akan berlangsung hingga Rabu (5/9) sore. Adapun semifinal dan final berlangsung pada Kamis, keesokan harinya.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024