Banda Aceh (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) menyebut perahu yang datang terlambat menyebabkan pertandingan kano sempat ditunda.

Sebelumnya pertandingan babak kualifikasi kano dan kayak dijadwalkan akan berlangsung pada Senin (2/9) di Waduk Keuililing, Aceh Besar namun karena perahu dari Jakarta baru datang pada Senin malam membuat panitia memutuskan untuk mengundurkan jadwal.

"Pertandingan hari pertama semula direncanakan tanggal dua tapi itu terpaksa ditunda menjadi hari ini karena perahu dari Jakarta baru tiba semalam. Mau tidak mau ditunda sehari, jadi hari ini sudah berlangsung sesuai rencana yaitu perlombaan kano dan kayak masih berlangsung babak kualifikasi," kata Wakil Ketua Umum 2 PB PODSI, Hari Sidharta kepada pewarta, Selasa.

Saat ini telah berlangsung babak kualifikasi kano dan kayak nomor 1000 meter putra dan putri. Di balapan pertama nomor kayak 1000 meter, atlet Jawa Tengah, Rifki Bagus Winulyo menjadi yang tercepat usai mencatatkan waktu 3 menit dan 24 detik. Di urutan kedua disusul oleh kontingen Maluku, Erwin Julian Tamela yang mencatatkan waktu 3 menit dan 26,431 detik, sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh Kalimantan Selatan, M. Ibnu Abdillah dengan mencatatkan waktu 3 menit dan 31, 744 detik.

Lalu di balapan kedua, kontingen Jawa Barat, Indra Hidayat menjadi yang tercepat (3 menit 23,047 detik) disusul oleh Riau, Parela Rizki (3 menit dan 24,607 detik) sedangkan posisi ketiga ditempati oleh kontingen Banten, La Hajitu (3 menit dan 29 detik).

Baca juga: Pertandingan dayung nomor kano sempat dihentikan karena angin kencang

Hari ini juga masih akan berlangsung babak repechage 1 dan 2 untuk memperebutkan tiket menuju babak semifinal a dan semifinal b.

Hasil babak heat kano dan kayak 1000 meter PON Aceh-Sumut 2024:

Kayak 1000 m putra

Balapan 1
1. Rifki Bagus Winulyo (Jawa Tengah)
2. Erwin Julian Tamela (Maluku)
3. M. Ibnu Abdillah (Kalsel)

Balapan 2
1. Indra Hidayat (Jabar)
2. Parela Rizki (Riau)
3. La Hajitu (Banten)

Kayak 1000 m putri

Balapan 1
1. Stevani Maysche (Papua Pegunungan)
2. Fajriah Nurbayan (Jabar)
3. Sabrina Ayesha Putri (Jambi)

Balapan 2
1. Ramla (Sulawesi Barat)
2. Cinta Priendtisca Nayomi (DK Jakarta)
3. Marisa Selviyana Ansaka (Papua)

Kano 1000 m putra

Balapan 1
1. Muh. Burhan (Sulawesi Utara)
2. Tuan Micho (Aceh)
3. Abd. Nane (Sulawesi Selatan)

Balapan 2
1. Susilo Putra (Jambi)
2. Ruland W.S Rematobi (Papua)
3. M. Eko Ramadhani (Kalimantan Selatan)

Balapan 3
1. Roby Kuswandi (Jawa Barat)
2. Eduard Smed Suebu (Papua Barat)
3. Ihsan Firdaus (DK Jakarta)


Baca juga: Kalsel andalkan Dayung raih medali pertama pada PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024