Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyambut gembira Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ajang World Abilitysport Games 2025 oleh pihak World Abilitysport.

"Alhamdulillah, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah salah satu kejuaraan dunia paling bergengsi ini," tulis Dito melalui akun instagram @ditoariotedjo yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Dito yang sedang berada Paris untuk mendukung para atlet Indonesia dalam ajang Paralimpiade Paris 2024 menyaksikan langsung penandatanganan kerja sama National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dan Wolrd Abilitysport melakukan penandatanganan kerja sama karena Indonesia terpilih sebagai tuan rumah multievent internasional itu.

Ia mengatakan, World Abilitysport Games merupakan ajang kompetisi berkelas dunia yang hampir setara dengan Paralimpiade.

Ajang tersebut, juga menjadi momentum para atlet mengumpulkan poin kualifikasi untuk tampil pada Paralimpiade 2028 yang direncanakan berlangsung Los Angeles, Amerika Serikat.

Oleh sebab itu, ajang tersebut sangat penting bagi Indonesia karena mencerminkan kepercayaan pihak-pihak terhadap Indonesia dalam menggelar ajang berkelas dunia.

Di sisi lain, juga menjadi kesempatan bagi para atlet Indonesia untuk tampil dan berprestasi dalam kompetisi internasional sekaligus mengamankan poin menuju Paralimpiade selanjutnya.

"Semoga persiapan berjalan lancar dan insyaallah akan terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Proses penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah tidak dilakukan secara sembarangan. Pada Juli 2024, perwakilan World Abilitysport yang bermarkas di Inggris melakukan inspeksi terhadap 14 arena olahraga serta satu wisma atlet di DKI Jakarta. Hasil dari inspeksi ini memperkuat keyakinan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah World Abilitysport Games 2025.

Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan, Indonesia memiliki kesiapan penuh dalam menyambut dan menggelar World Abilitysport Games 2025. Ia menegaskan bahwa Indonesia selalu berhasil ketika dipercaya menjadi tuan rumah multievent olahraga disabilitas.

"Indonesia kalau ditunjuk sebagai tuan rumah selalu luar biasa. Negara yang paling bertanggung jawab ketika menjadi tuan rumah, itu sudah terbukti," ujarnya.

Baca juga: Indonesia terpilih jadi tuan rumah World Abilitysport Games 2025

Baca juga: Menpora nyatakan kesiapan RI jadi tuan rumah kejuaraan dunia 2025

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024