Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan target yang direncanakan oleh TNI selama masa peralihan atau transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan berlanjut dan terlaksana.

"Tapi karena ini kan masa peralihan dari pemerintahan Pak Jokowi ke pemerintahan Pak Prabowo, sehingga harus dipastikan bahwa target target yang sudah diset tahun ini bisa berlanjut ke tahun depan, dan juga tahapan-tahapan untuk melaksanakan target-target berikutnya juga bisa terlaksana dengan baik," kata Dave di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Hal tersebut, kata dia, akan dibahas dalam rapat kerja Komisi I DPR bersama dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Panglima TNI beserta pimpinan TNI AD, TNI AU, dan TNI AL dengan agenda pembahasan rencana kerja dan anggaran (RKA) Kemhan dan TNI tahun anggaran 2025 pada Selasa hari ini.

"Jadi kemarin, sudah (rapat) dengan Lemhannas, sudah dengan BSSN, hari ini dengan Kemhan dan lembaga TNI seluruh lembaga staf, besok ada lagi dengan Kominfo, pokoknya semua lah, semua mitra-mitra di komisi," ujarnya.

Dia membeberkan sejumlah fokus isu pada masa peralihan pemerintahan di tubuh TNI yang akan dibahas dalam rapat bersama Komisi I DPR, di antaranya kesejahteraan prajurit, operasional harian TNI, kebutuhan utama sistem pertahanan (alutsista), hingga kebutuhan sarana dan prasarana pendukung.

Baca juga: Kadin: Pengangkatan menteri diperlukan dukung transisi pemerintahan

Baca juga: PDIP: Supratman gantikan Yasonna bagian dari transisi pemerintahan


"Perubahan prajurit, kesejahteraan keluarganya, pendidikan keluarganya, kami harus pastikan bahwa kondisi rumah, kondisi tempat tinggal mereka layak, dan sekolah-sekolah itu terbangun," ucapnya.

Dia lantas berkata, "Apalagi mereka yang ditempatkan di wilayah-wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal) ya itu harus dipastikan mereka itu mendapatkan kesejahteraan yang cukup ketika mereka menunaikan tugas negara."

Meski fokus agenda utama perihal pembahasan anggaran, dia mengatakan bahwa rapat kerja dengan mitra-mitra Komisi I DPR RI akan bisa pula membahas sejumlah isu-isu strategis lainnya.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024