Hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Deli Serdang, Karo, Gunung Sitoli, Langkat, Nias, Nias barat, Nias Selatan, Nias Utara, Serdang Bedagai dan Simalungun
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan lebat di wilayah pesisir timur, Lereng timur, Pantai barat, dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan Lestari Purba di Medan, Selasa.

Baca juga: BMKG sebut gempa di Luwu Timur dipicu aktivitas Sesar Soroako

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Selasa siang dan sore hari cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Deli Serdang, Karo, Gunung Sitoli, Langkat, Nias, Nias barat, Nias Selatan, Nias Utara, Serdang Bedagai dan Simalungun.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpeluang besar terjadi di wilayah Karo dan Langkat.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Mandailing Natal, Nias barat, Nias Selatan, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah.

Baca juga: Kemarin, pemberitaan terkait Jatman sampai sesar aktif Gorontalo

Suhu udara rata-rata 14 hingga 33 derajat celcius, kelembaban udara 77-100 persen dan angin berhembus dari utara-barat daya dengan kecepatan 3 – 15 km/jam.

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Dasmian Sulviani mengatakan pola angin di Perairan Sumatera bagian utara di pesisir sebelah timur, umumnya bertiup dari barat hingga timur laut.

Sedangkan di pesisir sebelah barat, umumnya angin bertiup dari tenggara hingga barat dengan kecepatan 2-25 knot.

"Gelombang laut di perairan Sumatera bagian utara rata-rata rendah antara 0.5- 1.25 meter dan sedang 1.25 - 2.5 meter," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan cuaca berawan dan hujan di sejumlah kota besar

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024