Jakarta (ANTARA) - Pisang adalah buah yang sangat populer di seluruh dunia karena rasanya yang manis, mudah dikonsumsi, dan memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Meskipun pisang kaya nutrisi, penting untuk memahami jumlah kalori yang terkandung di dalamnya, terutama jika Anda sedang membatasi masukan kalori untuk menjaga berat badan atau mengelola kondisi kesehatan tertentu, misalnya diet.

Pisang sering menjadi pilihan makanan sehat dalam menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan, karena pisang mengandung kalori yang relatif rendah.

Selain itu, kandungan serat dan nutrisi nya yang tinggi membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mendukung pengendalian nafsu makan dan membantu mencapai tujuan penurunan berat badan secara lebih efektif.

Lantas, ada berapa jumlah kalori dalam buah pisang?

Berikut ini adalah jumlah kalori yang terdapat pada buah pisang dilansir dari berbagai sumber:

Kalori yang terdapat buah pisang

Secara umum, pisang berukuran sedang, yaitu sekitar 18 – 20 cm, mengandung sekitar 105 kalori. Namun, ukuran pisang bisa bervariasi di setiap pasar, sehingga tidak ada angka pasti yang dapat dijadikan patokan untuk jumlah kalori dalam buah pisang. Maka berikut ini perkiraan jumlah kalori buah pisang berdasarkan ukuran lainnya:

  • Pisang berukuran 15 cm (sangat kecil), mengandung sekitar 72 kalori
  • Pisang berukuran 16-17 cm (kecil), mengandung sekitar 90 kalori
  • Pisang berukuran 18-20 cm (sedang), mengandung sekitar 105 kalori
  • Pisang berukuran 21-22 cm (besar), mengandung sekitar 121 kalori
  • Pisang berukuran 23 cm – atau lebih (ekstra besar), mengandung sekitar 135 kalori
Sedangkan Jumlah kalori yang berbeda berdasarkan pada cara penyajiannya yaitu, satu porsi pisang yang diiris, kalorinya sekitar 134 kalori. Sedangkan jika pisang tersebut ditumbuk, satu porsi mengandung sekitar 200 kalori

Untuk pisang yang sudah diolah menjadi gorengan, rebusan, atau keripik, jumlah kalorinya akan lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh tambahan bahan seperti tepung, minyak, dan gula dalam proses pengolahannya, sehingga kalori dalam olahan pisang ini meningkat secara signifikan, diantaranya:

  • Pisang olahan kepok rebus, sekitar 100 gram memiliki 115 kalori
  • Pisang olahan di goreng, sekitar 85 gram memiliki 214 kalori
  • Pisang olahan kripik, sekitar 100 gram memiliki 519 kalori
 

Baca juga: Buah kaya nutrisi, ini daftar manfaat pisang untuk kesehatan

Baca juga: Daun pisang ternyata punya banyak khasiat kesehatan

Baca juga: Pisang disebut mampu mengatasi diare
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024