Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkap rencana upacara puncak peringatan HUT Ke-79 TNI AL pada tanggal 10 September 2024 di atas kapal perang.

"Perayaan hari ulang tahun (HUT) TNI Angkatan Laut, kami akan merayakan (berlayar) di Teluk Jakarta, dan nanti juga akan sailing pass," kata KSAL menjawab pertanyaan ANTARA selepas membuka acara pameran lukisan di Balai Samudera, Jakarta, Senin (2/9) malam.

Dijelaskan pula bahwa kegiatan sailing pass (demonstrasi unjuk kekuatan kapal-kapal perang TNI AL) kemungkinan juga akan dipamerkan TNI AL saat puncak peringatan HUT TNI pada tanggal 5 Oktober.

"Ini baru kami uji coba di Teluk Jakarta, di atas kapal perang, karena pada tanggal 5 Oktober, hari ulang tahun TNI, ini juga bisa kami pamerkan sailing pass-nya di Teluk Jakarta," kata Laksamana TNI Ali.

Informasi yang diterima ANTARA di lokasi, kapal perang yang bakal menjadi lokasi upacara HUT Ke-79 TNI AL itu kemungkinan bakal berlayar dari Dermaga Kolinlamil menuju Teluk Jakarta.

Baca juga: KSAL ungkap rencana tambah LPD dan LST untuk perkuat Kolinlamil
Baca juga: KSAL tekankan pentingnya peran Puspenerbal sebagai perpanjangan KRI


Dalam rangkaian peringatan HUT itu, TNI AL menggelar ragam kegiatan mulai dari bakti sosial, pengobatan gratis, donor darah, dan memberikan makanan bergizi gratis untuk masyarakat pesisir. Selain itu, juga memperkenalkan pangkalan TNI AL—yang disebut Navy Base Open Day (NBOD)— di komando utama dan pangkalan TNI AL.

Dalam rangkaian ulang tahun itu, TNI AL juga ikut menggelar pameran lukisan tunggal karya Firdaus Alamhudi bertajuk Padamu Negeri. Kegiatan itu dibuka pada Senin malam oleh Laksamana Ali, berlanjut dengan kegiatan lelang empat karya, yang hasilnya untuk bakti sosial.

Empat lukisan itu berjudul Sang Playmaker di Mandalika, Patriot Pemersatu Bangsa, Fatwa Nanggala, dan Padamu Negeri TNI Angkatan Laut.

Pameran itu terdiri atas 70 lukisan bertemakan nasionalisme, TNI Angkatan Laut, lingkungan hidup, dan kemanusiaan, juga menjadi pameran tunggal ke-140 bagi Firdaus Alamhudi, pelukis yang merintis penggunaan media bulu unggas dalam karya-karyanya.

Pameran lukisan Padamu Negeri di Balai Samudera berlangsung pada tanggal 2—4 September 2024.

"Pameran ini mengandung makna khusus. Karena dari karya seni, kita bisa merasakan semangat juang para pendahulu. Bapak Firdaus Alamhudi, pelukis, seniman ternama yang visioner. Karyanya menangkap esensi kekuatan TNI AL," kata Laksamana Ali saat membuka acara pameran itu.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024