Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau para pekerja di kawasan Thamrin dan sekitarnya bekerja dari rumah (work from home/WFH) saat berlangsung misa akbar bersama Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
 
"Maka untuk menghindari kemacetan masyarakat yang bekerja di sekitar Thamrin, GBK, SCBD dan sekitarnya, kami sarankan untuk 'work from home'," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di SDN Gunung 01 Jakarta Selatan, Selasa.
 
Heru mengatakan imbauan itu menyesuaikan kebijakan perusahaan masing-masing mengingat antisipasi kepadatan lalu lintas lebih tinggi pada 5 September 2024.

Baca juga: Dishub siapkan kantong parkir dan layanan TransJakarta saat misa Paus
 
Dikatakan tanggal itu pada pagi harinya juga diselenggarakan kegiatan internasional lainnya, yakni "International Sustainability Forum" (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang turut dihadiri Presiden Jokowi.
 
"Yang berikutnya adalah pukul 12.00 WIB sampai sore adalah misa di GBK," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk bisa mencermati rute-rute menuju GBK dan sekitarnya lantaran akan ada kepadatan lalu lintas melebihi hari biasa.
 
Pemerintah Provinsi DKI rutin melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kesiapan mulai dari kebersihan, lalu lintas hingga keamanan di lokasi.
 
Kunjungan Paus ke Indonesia dilakukan pada tanggal 3-6 September 2024. Adapun kegiatan misa akbar dilaksanakan di GBK pada 5 September 2024 petang dan pada hari yang sama diselenggarakan ISF yang dihadiri sejumlah kepala negara.

Baca juga: Dishub DKI siapkan rute alternatif saat misa akbar Paus Fransiskus
 
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September di Jakarta.
 
Dishub DKI Jakarta juga menyiapkan kantong parkir hingga layanan TransJakarta saat pelaksanaan misa akbar Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (5/9) untuk memudahkan jemaat yang ingin mengikutinya.
 
Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan sebanyak 4.730 personel dalam Operasi Tribrata Jaya 2024, sekaligus untuk pengamanan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024