Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan telah menuntaskan pengurasan saluran di Jalan Sadar IV RT 06/04 Petojo Utara, Gambir, untuk memperlancar aliran air saat musim hujan sekaligus mengurangi potensi banjir di lokasi tersebut.
 
"Saat ini pengurasan di Jalan Sadar IV ini sudah rampung semua, tinggal pembersihan saja sisa kerja kemarin," kata Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Gambir, M Imawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Imawan menyebutkan, pengurasan saluran itu 
​​​​​​diusulkan warga karena saluran seringkali melimpas saat terjadi hujan deras dalam waktu yang lama. Akibat terjadi genangan di jalan dan kawasan permukiman warga di sekitar saluran.
 
"Memang setelah dilakukan penelusuran kondisinya penuh lumpur. Makanya sejak awal Agustus lalu, Kamis (8/8) kita lakukan pengurasan," ujar Imawan.
 
Imawan menjelaskan, pengerjaan saluran di Jalan Sadar IV yang memiliki lebar sekitar 80 sentimeter (cm) dengan ketinggian sekitar 50 cm ini melibatkan 12 orang petugas.

Baca juga: SDA Jakpus lakukan normalisasi saluran di Gang Alfalah Rawasari
Baca juga: Jakarta Pusat gandeng pasukan "pelangi" bersihkan saluran air
​​​​​​
 
Pengurasan tersebut meliputi kedua sisi saluran jalan dengan total panjang yang dikuras mencapai sekitar 500 meter.
 
"Setelah dilakukan pengurasan, ketebalan sedimen lumpur di dalam saluran mencapai sekitar 20 sentimeter," katanya.
 
Seorang warga RW 04 Kelurahan Petojo Utara, Maulana mengapresiasi pengerjaan pengurasan yang dapat selesai dengan cepat. "Saya berharap setelah dikuras kondisinya lebih baik dan saat terjadi hujan deras tidak ada genangan lagi," ujar Maulana.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menargetkan selama 2024 ini ada sembilan saluran yang diperbaiki. Saluran tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni di Jalan Kramat Pulo Kelurahan Kramat, Jalan Melati Senen, Jalan Salemba Bluntas Paseban, Jalan Kalibaru Timur Kelurahan Bungur di Kecamatan Senen.
 
Lalu, Jalan Kartini 4 Kelurahan Kartini di Sawah Besar. Selanjutnya, di Jalan Cempaka Putih Barat 2, Cempaka Putih Barat IX Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Kelurahan Jalan Cempaka Putih Timur 1 serta saluran di Jalan Pramuka Sari I, Kelurahan Rawasari di Kecamatan Cempaka Putih.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024