Jakarta (ANTARA) - Pisang adalah buah yang sangat populer di seluruh dunia karena rasanya yang manis, penuh nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia, pisang tumbuh subur dengan berbagai ragam jenis antara lain pisang ambon, pisang raja, pisang barangan, pisang kepok, pisang tanduk dan lain sebagainya,

Rata-rata jenis pisang itu memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi,. Pisang juga mendukung berbagai aspek kesehatan yang bermanfaat untuk tubuh, dari pencernaan hingga kesehatan jantung dan kulit.

Berikut kandungan nutrisi buah pisang

Pisang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut kandungan gizi buah pisang yang terkandung per 100 gram, menurut laman fatsecret dan sumber kesehatan lainnya:

 

  • 89 kkal Energi
  • 1,09 gram protein
  • 0,33 gram lemak
  • 0 miligram kolesterol
  • 22,84 gram karbohidrat
  • 2,6 gram serat
  • 12,23 gram gula
  • 1 miligram sodium
  • 358 miligram kalium
  • 146 IU Vitamin A
  • 0,08 miligram Vitamin B1
  • 3 miligram Vitamin C
Manfaat buah pisang untuk kesehatan, diantaranya :

1. Pisang dapat memperlancar metabolisme tubuh

Pisang dapat menyehatkan pencernaan dalam tubuh, dengan serat yang terkandung membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit dalam proses metabolisme.

2. Mengontrol tekanan darah

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, sangat direkomendasikan untuk makan buah pisang. Karena mengandung kalium yang cukup tinggi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan buah pisang seperti serat dan kalium, serta magnesium dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol.

4. Sumber energi

Pisang mengandung 22,84 gram karbohidrat, terutama serat dan gula alami yang dapat memberikan dorongan energi yang cepat. Karbohidrat ini mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dan memberikan energi instan. Karena manfaat ini, pisang sering dijadikan pilihan makanan ringan sebelum atau setelah aktivitas fisik untuk meningkatkan stamina dan mengembalikan energi.

5. Mengatur kadar gula

Serat dalam pisang juga sangat membantu, untuk mengatur kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula. Selain itu, kandungan serat juga membuat proses pencernaan lebih lambat sehingga tidak membuat gula darah meningkat tinggi. Untuk penderita diabetes, meskipun pisang masih bisa dikonsumsi, sebaiknya tetap batasi jumlahnya karena buah ini juga mengandung kalori.

6. Kesehatan kulit

Terdapat vitamin C dalam pisang, membantu produksi kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan awet muda.Selain itu, pisang bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat, menyerap minyak, dan dapat melembabkan kulit kering. Dengan menjadikan buah pisang seperti masker wajah

7. Menurunkan berat badan

Buah pisang sangat cocok untuk menu diet. Karena karbohidrat yang terkandung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Dan buah pisang memiliki rendah lemak, sehingga dapat membantu proses menurunkan berat badan.

 

Baca juga: Daun pisang ternyata punya banyak khasiat kesehatan

Baca juga: Perusahaan rintisan Uganda manfaatkan limbah pisang

Baca juga: Pisang disebut mampu mengatasi diare


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024