Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Senin (2/9), mulai dari Presiden buka Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) Ke-2 hingga penjadwalan ulang Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tandingan.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden buka Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak dan IAF Ke-2

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka sesi Joint Leaders’ Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLP MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) Ke-2 2024 di Bali, Senin.

“Yang Mulia, dengan ini saya nyatakan sesi Joint Leaders’ Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak dan Forum Indonesia-Afrika Ke-2 dibuka,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara HLF MSP dan IAF Ke-2 di Bali, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

2. Lukman Edy soal penjadwalan ulang Muktamar PKB: PBNU akan beri arahan

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan bahwa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama akan memberikan arahan terkait penjadwalan ulang Muktamar PKB tandingan yang semula direncanakan pada 2-3 September di Jakarta.

"Ya, dalam waktu dekat PBNU akan memberikan arahan dan petunjuk," kata Lukman saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

3. Yaqut sebut dua Muktamar PKB yang berbeda bakal ditentukan Kemenkumham

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan keabsahan antara Muktamar PKB yang bakal digelar di Jakarta dengan Muktamar PKB yang sebelumnya telah digelar di Bali beberapa waktu lalu, bakal ditentukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Kita hargai saja perspektif teman-teman yang punya agenda untuk melakukan muktamar yang berbeda dengan muktamar di Bali. Kan tinggal nanti pengesahannya di Kemenkumham," kata Yaqut saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

4. Luluk Nur Hamidah ajukan pengunduran diri dari DPR

Anggota DPR RI sekaligus bakal calon gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah mengatakan bahwa dirinya sudah menyerahkan surat pengunduran diri dari legislator untuk ikut berkompetisi pada Pilkada 2024.

"Jadi, sudah menyerahkan surat pengunduran diri sejak sebelum pendaftaran, kan, memang sebagai sebuah persyaratan, tetapi kami juga sampaikan bahwa itu diperlukan pada saat penetapan saya sebagai calon gubernur. Jadi, semua sudah kami lakukan," kata Luluk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

5. TNI-Polri kerahkan 9.030 personel untuk pengamanan Paus Fransiskus

Markas Besar TNI dan Polri mengerahkan 9.030 personel yang tergabung dalam pasukan gabungan untuk pengamanan kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus di Jakarta pada 3–6 September 2024.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi, selepas memimpin apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI bersama Komandan Korps Brigade Mobile (Brimob) Polri Komjen Pol. Imam Widodo, menyebut dari jumlah itu 4.300 di antaranya merupakan prajurit TNI, yang terdiri dari personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), prajurit dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) I/Jakarta, pasukan dari Korps Kavaleri TNI AD, pasukan dari TNI Angkatan Udara, pasukan dari Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, dan ada juga dari bintara pembina desa (babinsa).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024