Jakarta (ANTARA) - Jumlah soal dan rincian seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional Guru 2024 telah diumumkan oleh pemerintah, yang dibuat berdasarkan keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Nomor 348 tahun 2024 tentang mekanisme seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan fungsional guru di instansi daerah tahun anggaran 2024.

Pada keputusan tersebut, disebutkan bahwa terdapat tiga kompetensi yang akan diujikan yaitu seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial dan seleksi kompetensi sosial kultural. Ketiga kompetensi tersebut akan diujikan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain itu juga terdapat sesi wawancara guna menggali informasi non kognitif bagi para peserta.

Jumlah soal dan rincian seleksi kompetensi dan wawancara terdiri dari total 145 butir soal. Jumlah ini terbagi ke dalam beberapa bagian yang mencakup berbagai aspek penting dalam penilaian bagi para calon guru. Rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Seleksi kompetensi teknis

Seleksi ini terdiri dari 90 butir soal. Bagian ini akan menguji kemampuan teknis sesuai dengan bidang yang dilamar oleh pelamar.

2. Seleksi kompetensi manajerial

Seleksi ini terdiri dari 25 butir soal. Pengujian kompetensi manajerial bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan dan perilaku individu dalam berorganisasi.

3. Seleksi kompetensi sosial kultural

Seleksi ini terdiri dari 20 butir soal, seleksi kompetensi sosial kultural memuat hal-hal terkait pengetahuan dan sikap setiap individu dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman latar belakang serta etika, nilai-nilai dan moral yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan.

4. Wawancara

Seleksi wawancara terdiri dari 10 butir soal. Tes wawancara ini menilai bagaimana pelamar menyampaikan pandangan, pemikiran, dan kemampuan komunikasi mereka secara langsung.

Bobot nilai

Setiap materi seleksi memiliki bobot nilai yang berbeda-beda sebagai berikut:
  • Seleksi Kompetensi Teknis: Setiap jawaban benar memiliki nilai dengan bobot paling rendah 1 dan paling tinggi 5. Apabila tidak menjawab, maka tidak ada nilai (0).
  • Seleksi Kompetensi Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara: Untuk bagian ini, setiap jawaban benar diberikan bobot nilai paling rendah 1 dan paling tinggi 4. Jika tidak menjawab, nilainya juga 0.

Nilai kumulatif

Nilai kumulatif tertinggi yang bisa dicapai oleh pelamar dalam seleksi kompetensi dan wawancara adalah 670 poin. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Seleksi kompetensi teknis: Total nilai maksimal 450 poin.
  • Seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural: Total nilai maksimal 180 poin.
  • Wawancara: Total nilai maksimal 40 poin.

Rincian terkait jumlah soal dan nilai dari seleksi lengkap PPPK JF guru di instansi daerah tahun 2024 juga bisa dilihat melalui laman resmi berikut:
https://jdih.menpan.go.id/dokumen-hukum/KEPMEN/jenis/1870?KEPUTUSAN%20MENTERI

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024