Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah telah membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024 ini. PPPK merupakan salah satu jalur bagi pelamar yang ingin bekerja di instansi pemerintahan selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
 
Bagi pelamar yang mencalonkan diri menjadi PPPK, untuk bisa lolos seleksi penerimaan, terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, termasuk tes yang menguji berbagai kemampuan.
 
Tes kemampuan tersebut yaitu seleksi kompetensi. Dalam seleksi kompetensi terdapat beberapa materi seleksi yang perlu diketahui para pelamar untuk persiapan diri menghadapi tahapan seleksi PPPK ini.
 
Materi seleksi PPPK 2024
Materi seleksi PPPK tahun 2024 dirancang untuk menilai kompetensi dasar dan bidang dari setiap calon pelamar. Seleksi kompetensi dibagi menjadi 4 bagian yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan wawancara.
 
Berdasarkan UU UU No 347 tahun 2024, berikut ini adalah rincian materi kompetensi seleksi PPPK 2024 dengan lengkap.
 
1. Materi kompetensi teknis
Materi seleksi ini memiliki tujuan untuk mengukur dan menilai kemampuan pelamar dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
 
2. Materi kompetensi manajerial
Materi seleksi ini memiliki tujuan untuk mengukur dan menilai pelamar dalam komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur meliputi kompetensi
  • integritas
  • kerja sama
  • komunikasi
  • orientasi pada hasil
  • pelayanan publik
  • pengembangan diri dan orang lain
  • mengelola perubahan
  • pengambilan keputusan
 
Soal materi kompetensi sosial kultural dapat mengenai kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu.
 
3. Materi kompetensi sosial kultural
Materi seleksi ini memiliki tujuan untuk mengukur dan menilai pelamar dalam pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip yang wajib dipenuhi pemegang jabatan.
 
Sehingga, para pemegang jabatan dalam menjalankan tugas kerjanya harus memiliki kemampuan sebagai berikut.
  • kepekaan terhadap keberagaman
  • kemampuan berhubungan sosial
  • kepekaan terhadap pentingnya persatuan
  • rasa empati
 
Soal materi kompetensi sosial kultural dapat mengenai pemahaman budaya, etika kerja, dan nilai pancasila.
 
4. Materi wawancara
Materi seleksi ini bertujuan menggali informasi pelamar untuk menilai integritas dan moralitas yang meliputi hal kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.
 
Soal materi wawancara dapat mengenai keterampilan komunikasi, kepribadian, dan pengetahuan tentang posisi yang dilamar.
 
Teknis seleksi PPPK 2024
Para pelamar PPPK 2024 wajib mengikuti seluruh seleksi hingga akhir untuk diterima sebagai pegawai PPPK. Seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural akan dilaksanakan selama 120 menit, kemudian wawancara akan dilakukan selama 10 menit.
 
Seluruh tahapan seleksi kompetensi ini akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan dan disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BPN).

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024