Tidak ada, secara kuantitas tidak terlalu banyak kegiatan. Hanya satu penerbangan untuk yang internasional sampai hari ini. Dan satu penerbangan itu menggunakan Jet, lainnya komersial, jadi tidak ada layanan khusus untuk penerbangan ini,
Tangerang (ANTARA) - Kantor Otoritas Bandara (Otban) Udara Wilayah I Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, memastikan bahwa penerbangan di bandara itu tidak terganggu atas adanya aktivitas tamu kenegaraan dari Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.


"Tidak ada, secara kuantitas tidak terlalu banyak kegiatan. Hanya satu penerbangan untuk yang internasional sampai hari ini. Dan satu penerbangan itu menggunakan Jet, lainnya komersial, jadi tidak ada layanan khusus untuk penerbangan ini," kata Plt Otban Wilayah I Soetta, Afen Sena di Tangerang, Senin.

Ia mengungkapkan, hingga sejauh ini pergerakan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih normal.

Dia juga menambahkan, jika selama kegiatan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah mekanisme operasional penerbangan khusus penumpang komersial.

"Kita berikan ke masyarakat teratur dan sesuai dengan rencana penerbangan yang disiapkan. Kami juga berikan instrumen, ada sumber daya tambahan di Otban," ucap dia.

Sementara itu, dalam memberikan keamanan dan kelancaran pada kegiatan di bandara, pihak keamanan setempat telah mengerahkan sebanyak 270 personel gabungan.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu mengatakan, dari ratusan personel itu ditugaskan pada Operasi Tri Brata Jaya 2024.

"Yang pertama kami mengadakan kegiatan patroli di area Terminal 1, 2, 3 dan 4 serta Terminal Kargo. Ini dilakukan sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan, sehingga berjalan dengan baik," katanya.

Dia menyebutkan, ratusan personel gabungan tersebut nantinya bertugas melakukan pengamanan dalam rangka pencegahan terhadap ancaman dan gangguan keamanan, baik sebelum, sesaat maupun setelah kegiatan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta.

"Untuk pengamanan ini kita bagi tiga ring. Yang pertama diisi oleh Paspampres, kemudian ring kedua dilakukan oleh petugas TNI sebagai komando pengendali lapangan dan terakhir oleh Polri," ucapnya.

Memastikan kelancaran saat kunjungan tamu negara ini, pihak pengamanan setempat juga melakukan kegiatan berupa swepping rute-rute VVIP yang akan dilalui.

"Pemeriksaan terhadap jalan ini, untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya, agar nanti rombongan bisa berjalan dengan baik dari Soetta," ungkap dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024