Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang ingin mendaftar seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru tahun 2024, pastikan Anda sudah memahami materi-materi yang akan diujikan nantinya sehingga Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Hal-hal terkait materi seleksi PPPK JF guru terkandung di dalam keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Nomor 348 tahun 2024 tentang mekanisme seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan fungsional guru di instansi daerah tahun anggaran 2024.

Adapun materi-materi yang akan diujikan adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Ketiga kompetensi tersebut akan diujikan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain itu juga terdapat sesi wawancara pada seleksi ini. Berikut adalah penjelasan dari tiap-tiap materi yang akan diujikan:

1. Materi kompetensi teknis

Materi ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

2. Materi kompetensi manajerial

Materi kompetensi manajerial bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur, meliputi kompetensi mengenai integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan dan pengambilan keputusan

3. Materi kompetensi sosial kultural

Materi ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman latar belakang serta etika, nilai-nilai dan moral yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan. Materi pengujian ini meliputi kepekaan terhadap keberagaman, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap pentingnya persatuan dan empati.

4. Materi wawancara

Sesi wawancara berisikan materi yang terkait dengan informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas meliputi beberapa aspek yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Materi-materi tersebut merupakan upaya guna mempertimbangkan kemampuan kognitif, integritas dan moralitas dari para peserta.

Rincian terkait materi-materi seleksi lengkap PPPK JF guru di instansi daerah tahun 2024 juga bisa dilihat melalui laman resmi berikut:

https://jdih.menpan.go.id/dokumen-hukum/KEPMEN/jenis/1870?KEPUTUSAN%20MENTERI

Demikianlah hal-hal terkait materi seleksi PPPK jabatan fungsional guru di instansi daerah tahun 2024. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga: Rekrutmen PPPK 2024 dibuka, apa saja persyaratan daftarnya?

Baca juga: Kenaikan gaji PPPK 2024, penyesuaian berdasarkan golongan

Baca juga: Begini penentuan pelamar lulus PPPK Guru 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024