Jakarta (ANTARA) -
Tingkat hunian atau okupansi hotel di Kota Medan, Sumatera Utara, meningkat 100 persen selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang diselenggarakan dari 8-20 September.
 
Sales Marketing Hotel Swiss-Belinn Gajah Mada Medan Dhian Afri membeberkan, okupansi di hotel tersebut sudah meningkat sejak 26 Agustus lalu dan meningkat dibandingkan awal bulan.
 
"Okupansi kami meningkat 100 persen sampai 21 September dan jumlah yang terisi hampir 100 kamar dari yang sebelumnya hanya 40an kamar," kata Dhian kepada ANTARA di Medan, Senin.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, peningkatan terjadi karena adanya tamu dari kementerian dan kontingen yang mengikuti kegiatan pertandingan dalam PON tersebut.
 
"Jadi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tamunya juga ada, kami juga ada tamu dari kontingen asal Kalimantan Selatan yang ikut PON," ujar perempuan itu.

Baca juga: PHRI Sumut: Pengelola hotel terima pemesanan kamar terkait PON XXI
 
Dhian menambahkan, hotel tersebut juga membantu menyemarakkan pesta olahraga nasional yang menjadi kebanggaan bagi warga Sumut itu.
 
Bahkan, hotel yang berada di Jalan Gajah Medan atau berjarak tidak sampai 10 kilometer dari venue pertandingan yang ada di kawasan Dispora Sumut tersebut, turut menyambut khusus tamu hotel yang terkait PON.
 
"Tamu mulai berdatangan secara bergilir pada 4 Agustus mendatang," kata Dhian.
 
Selain itu, tambah Dhian, hotel bintang tiga itu juga memberikan penyesuaian harga bagi kontingen maupun lembaga, sebagai bentuk apresiasi atas penyelenggaraan event empat tahunan itu.
 
PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 bertema "Dengan Semangat Bersatu Kita Juara, Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024".
 
Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak total 67, dengan pembagian 33 dipertandingkan di Aceh dan 34 di Sumatera Utara.
 
Penyelenggaraan multi event olahraga nasional itu akan melibatkan lebih dari lima ribu atlet dan dua ribu lebih ofisial.

Baca juga: KM Kelud dikerahkan ke Aceh jadi hotel terapung untuk PON Aceh-Sumut

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024