Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan Governance, Risk, and Compliance (GRC) & Performance Exellence Award 2024 mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO Businessnews Indonesia Irnanda Laksanawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin menjelaskan acara itu merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (compliance).

"GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah," kata Irnanda.

Hal itu, kata dia, dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat.

Adapun, sebanyak 23 perusahaan yang terdiri atas 18 perusahaan BUMN, dua BUMD, dan tiga perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Exellence Award 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia pada Jumat (30/8).

Para pemenang penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024 itu dijaring dari sekitar 300 perusahaan dari BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi. Kemudian dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun GRC dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Lebih lanjut, Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC di perusahaannya.

Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil reviu, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan ke depannya.

"Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif," ujar Irnanda.

Selain itu, Chairperson Board of Jury GRC & Performance Excellence Award 2024 Dewi Hanggraeni menjelaskan dalam menghadapi volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA), perusahaan perlu refocusing penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan (corporate governance) dan kepatuhan (compliance) yang terintegrasi.

"Dengan mulai membaiknya kondisi ekonomi, enhancing of implementation of GRC merupakan suatu keniscayaan, di mana ke depan, tuntutan kinerja perusahaan yang lebih baik, value dari model bisnis mengalami perubahan. Termasuk, fase perubahan yang sangat cepat, tata kelola dan regulasi yang dinamis," kata Dewi yang juga sebagai Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi & Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKD & FEB) Universitas Pertamina serta dosen UI tersebut.

Selain itu, kata dia, terutama sektor non-keuangan belum seluruhnya secara optimal menerapkan GRC, proses dokumentasi atas pemantauan masih ada yang belum konsisten, dan sistem seluruhnya belum terintegrasi serta proses manajemen risiko termasuk pemantauan masih ada yang bersifat silo.

Dewi juga menambahkan adanya GRC & Performance Excellence Award 2024 merupakan saat yang tepat untuk memetakan risiko-risiko di era VUCA, melakukan pembenahan, dan refocusing strategic objective perusahaan berdasarkan implementasi GRC dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

"Event ini juga memotivasi para pelaku bisnis untuk menyempurnakan praktik GCG dan penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan, juga mengapresiasi perusahaan yang sudah ber-GRC dengan terus melakukan continuous improvement," tutur Dewi.

Adapun, perusahaan-perusahaan yang meraih penghargaan tersebut terdiri atas penerima 5 stars diamond, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Jasa Raharja dan Perum Perhutani.

Kemudian, penerima 5 stars gold, yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Kilang Pertamina Internasional, PT Pos Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pertamina Trans Kontinental, PT PLN Energi Primer Indonesia, PT Hutama Karya (Persero), dan PT Jaminan Kredit Indonesia.

Penerima 5 stars silver, yaitu PT Bank DKI, PT BPD Bali, PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah dan PT BGR Logistik Indonesia.

Selanjutnya, penerima 4 stars diamond, yakni PT PLN Indonesia Power Services dan PT Asuransi Jasindo Indonesia. Sedangkan penerima 4 stars gold, yaitu PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Baca juga: Bank DKI berkomitmen terus terapkan tata kelola terintegrasi 
Baca juga: BCA raih 6 penghargaan internasional dalam sebulan
Baca juga: BTN raih penghargaan karena konsisten terapkan keberlanjutan

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024