Banda Aceh (ANTARA) -
Cabang angkat besi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 kali ini menjadi sangat istimewa.
 
Sebab, sebagai tuan rumah, Aceh sengaja membangun sarana baru khusus Gelanggang Olahraga (GOR) untuk Angkat Besi. GOR khusus ini bernama 'Seuramoe Angkat Besi Harapan Bangsa' yang terletak di Kawasan Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.
 
Tulisan 'Seuramoe Angkat Besi Harapan Bangsa' yang menempel di dinding GOR merupakan Bahasa Aceh yang artinya, 'Serambi'
 
"Karena Aceh ini terkenal dengan Serambi Mekkah, maka arti kata 'Seuramoe' bisa diartikan Serambi,"papar Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia(PABSI) Aceh, Effendi Eria, seperti dikutip dari keterangan resmi tertulis yang diterima pewarta.
 
Effendi mengatakan GOR ini didirikan sejak 2018 lalu di tanah seluas kurang lebih 300 meter. GOR ini memiliki fasilitas, arena pertandingan, dan dilengkapi bangku penonton berkapasitas kurang lebih 200 tempat duduk, dan dilengkapi penginapan atlet sebanyak 10 kamar yang terletak di lantai atas dan 4 kamar di lantai bawah.

Baca juga: Lifter Rizki Juniansyah pastikan berlaga di PON pada kelas 89 kg
Baca juga: Rizki Juniansyah manfaatkan uang bonus untuk renovasi sarana latihan
 
"Fasilitas kamar sendiri dilengkapi AC dan kamar mandi di dalam dengan masing-masing kamar mampu menampung dua orang atlet,"ungkapnya.
 
Menjelang PON 2024, GOR angkat besi ini pun mengalami renovasi dengan penambahan beberapa fasilitas penunjang di antaranya tempat latihan dengan lebih dari 20 platform atau tempat latihan, tempat sauna atlet, ruang wasit, ruang technical meeting, dan lain-lain.
 
"GOR ini menjadi 'Kawah Candradimuka' para atlet angkat besi Aceh setelah mereka lulus dari PPLP (Pusat Pendidikan Latihan Pelajar) Aceh,"pungkas Effendi Eria.
 
Secara terpisah, Sekretaris Jenderal(Sekjen) PB PABSI, Djoko Pramono, mengapresiasi Pengprov PABSI Aceh yang telah membangun sarana khusus angkat besi.
 
"Saya berharap dari GOR ini akan melahirkan lebih banyak lagi atlet-atlet angkat besi yang bertalenta. Ini merupakan satu-satunya GOR khusus angkat besi yang ada di Indonesia,"katanya.
 
Cabang angkat besi PON 2024 akan dimulai pada 4 sampai 10 September, dan akan diikuti sekitar 143 atlet dari 23 Pengprov. Terdapat 20 kelas yang dipertandingkan bagi para atlet putra dan putri yang telah lolos kualifikasi PON 2024.

Baca juga: DPRA sebut pembangunan arena PON dari APBA perlu digenjot

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024