Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan patroli dan sterilisasi keamanan di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menjelang kunjungan Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Kegiatan patroli dan sterilisasi tersebut, dilakukan dalam Operasi Tri Brata Jaya 2024 dalam menjaga pengamanan tamu VVIP kenegaraan.

"Yang pertama kami mengadakan kegiatan patroli di area Terminal 1, 2, 3 dan 4 serta Terminal Kargo. Ini dilakukan sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan, sehingga berjalan dengan baik," kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, dalam operasi pengamanan tamu VVIP kenegaraan ini melibatkan 270 personel gabungan baik dari Polda Metro Jaya, TNI serta Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Untuk petugas menyiagakan 150 personel dan BKO dari Polda Metro yakni Satbrimob. Baik Pasukan Plopor maupun Gegana serta Samapta 149 jadi total personel Polri 270 orang," katanya.

Dia menyebutkan, ratusan personel gabungan tersebut nantinya bertugas melakukan pengamanan dalam rangka pencegahan terhadap ancaman dan gangguan keamanan, baik sebelum, sesaat maupun setelah kegiatan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta.

"Untuk pengamanan ini kita bagi tiga ring. Yang pertama di isi oleh Paspampres, kemudian ring kedua dilakukan oleh petugas TNI sebagai komando pengendali lapangan dan terakhir oleh Polri," ucapnya.

Sebagai memastikan kelancaran saat kunjungan tamu negara ini, pihak pengamanan setempat juga melakukan kegiatan berupa sweeping rute-rute VVIP yang akan dilalui.

"Pemeriksaan terhadap jalan ini, untuk menghindari benda-benda seperti paku yang menyebabkan bahaya, agar nanti rombongan bisa berjalan dengan baik dari Soetta," ungkap dia.

Sementara itu, Dandim 0506/Tangerang, Letkol Inf Ari Sutrisno menambahkan bahwa dalam operasi pengamanan tamu kenegaraan ini pihaknya menyiagakan sebanyak 125 personel.

Dimana, petugas pengamanan bakal difokuskan untuk berjaga pada alur atau rute perjalanan tamu VVIP seperti dari area parkir hingga keluar dari objek Kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami melakukan pengamanan di ring dua. Nanti kita siagakan satu SSK atau 125 personel, kemudian kita gelar dari jalur parkir bandara sampai arah keluar objek atau keluar dari otoritas bandara," paparnya.

Ia menyebut, hingga kini seluruh personel gabungan pengamanan telah dikerahkan ke masing-masing posko untuk kesiapan penjagaan pada hari kedatangannya.

"Saat ini prioritas sudah dimulai besok, dan ada tindakan preventif," kata dia.

Pemimpin Gereja Katolik dunia Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, pada tanggal 2-13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik yaitu pada 3 sampai dengan 6 September 2024.

Paus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 siang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lalu, pada 4 September pemimpin umat Katolik tersebut dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian, pada 5 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor KWI.
Baca juga: Menko PMK: Kunjungan Paus Fransiskus kehormatan bagi Indonesia
Baca juga: TNI-Polri siapkan sniper dan satuan antiteror jaga Paus Fransiskus
Baca juga: TNI-Polri kerahkan 9.030 personel untuk pengamanan Paus Fransiskus
Baca juga: 270 personel amankan kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta
Baca juga: Ini rekayasa lalu lintas saat kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia
Baca juga: Kemenkominfo dukung pelaksanaan misa agung bersama Paus Fransiskus

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024