Palu (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur di Sulawesi Tengah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Direktur RSUD Undata dr. Herry Mulyadi di Palu, Senin, mengatakan total keseluruhan yang melakukan pemeriksaan kesehatan dari delapan kabupaten dan satu provinsi di Sulteng sebanyak 70 orang.

"Alhamdulillah hari ini sudah selesai pemeriksaan kesehatan  (bapaslon) bapaslon bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur Sulteng, Jadi seluruhnya 70 orang terdiri dari 10 orang perempuan dan 60 laki-laki," kata Herry Mulyadi.

Ia menuturkan sesuai jadwal bahwa pemeriksaan kesehatan bapaslon bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur tanggal 27 Agustus sampai 2 September 2024.

"Ada 13 dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata, " sebutnya.

Menurutnya pemeriksaan kesehatan itu terdiri dari pemeriksaan fisik dan rohani.

"Untuk fisik seperti treadmil, pemeriksaan rontgen radiologi, periksa dalam, telinga, dan mata serta pemeriksaan rohani seperti psikotes," ujarnya.

Kata dia, untuk hasil pemeriksaan kesehatan tersebut nantinya diberikan kepada masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan provinsi.

"Nanti hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing bapaslon ini akan dirumuskan untuk menjadi rekomendasi diberikan kepada KPU kabupaten dan provinsi, sehingga itu akan diumumkan oleh KPU masing-masing dan RSUD Undata hanya menjalankan tugas tahapan dalam proses menuju penetapan calon bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur," tuturnya.

Diketahui sebanyak delapan kabupaten yang melakukan pemeriksaan kesehatan bapaslon bupati dan wakil bupati di RSUD Undata yaitu Kabupaten Sigi, Donggala, Tolitoli, Poso, Tojo Una-una, Morowali, Morowali Utara dan Buol.
 
Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan bapaslon gubernur dan wakil gubernur Sulteng juga dilaksanakan di RSUD Undata Palu.

"Pada intinya harapan kami seluruh bapaslon ini harus sehat jasmani, rohani dan pikiran," kata dia.
Baca juga: KPU Sulteng sosialisasikan tahapan Pilkada dengan bagi 1.000 bunga
Baca juga: KPU Sulteng terima pendaftaran pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri
Baca juga: KPU Sulteng terima pendaftaran pasangan Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto

 

Pewarta: Moh Salam
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024