Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) di lima provinsi yang ada di Pulau Jawa telah mendaftar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Lima provinsi di Pulau Jawa tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten.

Pendaftaran cagub-cawagub Pilkada 2024 secara serentak telah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang berlangsung pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Nantinya, para pasangan bakal cagub-cawagub Pilkada 2024 yang telah mendaftar akan menjalani pemeriksaan administrasi dan kesehatan oleh KPU Daerah untuk ditetapkan sebagai calon pasangan cagub-cawagub provinsi di Pilkada 2024.

Penetapan pasangan cagub-cawagub dilakukan pada 22 September 2024, sementara pemungutan suara Pilkada 2024 akan dilaksanakan secara serentak pada 27 November 2024.

Berikut daftar bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur dari Pulau Jawa beserta partai politik pengusungnya pada Pilkada 2024:

Provinsi DKI Jakarta

• Ridwan Kamil-Suswono

Pasangan Ridwan Kamil dan Suswono telah mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik, yakni NasDem, Gerindra, PKS, Golkar, PAN, Demokrat, PKB, PBB, Perindo, PPP, PSI, Gelora, dan Partai Garuda.

• Pramono-Rano Karno

Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno telah mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura.

• Dharma-Kun

Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, independen atau pasangan calon perseorangan yang tidak diusung partai politik pada Pilkada Jakarta 2024.

Provinsi Jawa Tengah

• Andika-Hendi

Pasangan M. Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi (Hendi) telah mendaftar pada Selasa, 27 Agustus 2024, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

• Lutfi -Taj Yasin

Pasangan Ahmad Lutfi dan H. Taj Yasin Maimoen telah mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik, yaitu Partai Gerindra, PKB, Golkar, PPP, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, dan PSI.

Provinsi Jawa Barat

• Dedi-Erwan

Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan telah mendaftar pada Selasa, 27 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik yang berisikan Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, Perindo, PKN, dan Partai Buruh.

• Syaikhu-Ilham

Pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik yang berisikan Partai PKS, PPP, dan NasDem.

• Acep Adang-Gitalis

Pasangan Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwi Natarina telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

• Jeje-Ronal

Pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Provinsi Jawa Timur

• Khofifah-Emil

Pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak telah mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem, Perindo, PAN, PKS, PPP, PSI, PKN, PBB, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Garuda, dan Partai Prima.

• Rismaharini-Zahrul

Pasangan Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura.

• Luluk-Lukmanul

Pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Provinsi Banten

• Airin-Ade Sumardi

Pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi telah mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik, yakni PDI Perjuangan, Golkar, PBB, Gelora, Umat, Buruh, dan PKN.

• Andra Soni-Achmad Dimyati

Pasangan Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah telah mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, diusung oleh gabungan partai politik, yakni Partai Gerindra, PKS, PKB, NasDem, PAN, Garuda, PSI, PPP, dan Partai Demokrat.

Baca juga: Ilham Habibie utarakan niatan maju Pilkada Jawa Barat  

Baca juga: Ridwan Kamil siap teruskan peninggalan gubernur Jakarta sebelumnya

Baca juga: Ini strategi RK untuk menang di Pilkada Jakarta

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024