Ankara (ANTARA) - Presiden Mesir Abdel Fattah Sisi dan pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan membahas langkah-langkah menuju penyelesaian konflik Gaza pada pertemuan 4 September, demikian dilaporkan surat kabar Turki Milliyet pada Senin.

Sisi akan mengunjungi Turki pada Rabu (4/9) untuk bertemu dengan Erdogan, menurut seorang sumber di pihak Mesir yang mengetahui rencana itu kepada Sputnik pada akhir Agustus.

Pertemuan tersebut akan berlangsung di tengah proses normalisasi hubungan bilateral antara kedua negara.

Tiga isu utama diperkirakan akan dibahas, lapor Milliyet yang mengutip sumber-sumber tepercaya.

Yang paling penting, kedua presiden akan membahas langkah-langkah menuju gencatan senjata di Gaza dan upaya penyediaan bantuan kemanusiaan.

Isu penting lainnya yang akan dibahas adalah perluasan kerja sama, termasuk peningkatan perdagangan bilateral dari 10 miliar dolar AS (155,3 triliun rupiah) menjadi 15 miliar dolar AS (233 triliun rupiah).

Salah satu kesepakatan pertahanan yang direncanakan adalah perjanjian untuk memasok Mesir dengan pesawat tanpa awak, kata surat kabar itu.

Sisi dan Erdogan juga diperkirakan akan membahas isu-isu regional, seperti Mediterania Timur dan Libya.

Pada Februari, Erdogan mengunjungi Kairo untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 12 tahun sebagai bagian dari upaya bersama untuk memperbaiki hubungan antara Mesir dan Turki.

Pada Juli 2023, Ankara dan Kairo menunjuk duta besar di ibu kota masing-masing untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

Kesepakatan untuk meningkatkan hubungan diplomatik itu dicapai oleh Erdogan dan Sisi pada Mei tahun yang sama.


Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Hamas bahas gencatan senjata di Gaza dengan Qatar, Mesir, Turki

Baca juga: Turki dan Mesir sepakat tempatkan kembali duta besar masing-masing


 

Erdogan: Turki siap jadi penjamin untuk akhiri konflik Gaza

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024