Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus bakal calon gubernur Jawa Timur Luluk Nur Hamidah menyebut dirinya ingin menunjukkan perbedaan kepemimpinan perempuan bila menang pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

"Saya ingin menghadirkan sebuah pendekatan yang baru, dan ini akan menjadi inspirasi bagi semua orang dan kepercayaan. Perempuan kalau dikasih kepercayaan itu ada harganya dan ada manfaatnya gitu loh, jangan sampai dianggap 'Ah, podo wae (sama saja) laki, perempuan', itu ndak, ndak sama. Nah, saya ingin menunjukkan bahwa saya berbeda," kata Luluk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Terlebih, kata dia, terdapat sejumlah isu perempuan di Jawa Timur yang patut diberikan atensi dan menuntut sensitivitas pemimpin daerah tersebut.

"Belum lagi soal angka kekerasan terhadap perempuan, soal isu pernikahan anak di Jatim juga masih tinggi, ini harus kasih atensi dong," ucapnya.

Di samping perbedaan cara kepemimpinan, Luluk pun mengaku akan menawarkan solusi terhadap ketimpangan sosial di Jawa Timur, serta mengedepankan integritas dan semangat anti korupsi.

"Menawarkan solusi bagi ketimpangan, saya menawarkan solusi bagi kesejahteraan petani yang masih belum bagus di Jatim padahal sebagai lumbung pangan nasional. Saya juga menawarkan solusi bagi UMKM-UMKM kita yang sangat besar di Jatim, khususnya menghadapi era yang serba tidak menentu di masa-masa yang akan datang," katanya.

Dia pun mengaku tak mempersoalkan ihwal lawan kompetisinya di Pilkada Jatim 2024 yang merupakan petahana yaitu Khofifah Indar Parawansa.

"Enggak ada masalah sih melawan incumbent itu kan hal yang biasa ya. Toh incumbent ini tidak semuanya berhasil," ujarnya.

Menurut dia, publik bisa mengambil penilaian sendiri dari program-program petahana tersebut selama memimpin sebagai gubernur.

"Kalau kegagalan itu ternyata hal-hal yang sifatnya sangat mendasar seperti yang saya bilang tadi kemiskinan, soal ketimpangan antarwilayah, antardesa dan kota, kemudian juga soal UMKM, digitalisasi, pada pelaku usaha, soal hilirisasi pertanian dan sektor perikanan industri, itu kan semuanya sangat penting. Nah, ini yang menurut saya masih merah angkanya di Jatim," tuturnya.

Sebelumnya, Rabu (28/8), Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hassanudin Wahid mengungkapkan bahwa partainya mengusung anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jatim 2024.

"Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim," kata Hassanudin saat dihubungi ANTARA dari Jakarta.

Pasangan Luluk-Lukmanul akan menghadapi petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestiano Dardak pada Pilkada Jatim 2024 yang diusung oleh 15 parpol, serta Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta yang diusung oleh PDI Perjuangan.
Baca juga: Luluk Nur Hamidah akan sowan ke Ma'ruf Amin untuk maju pilkada
Baca juga: Luluk Nur Hamidah ajukan pengunduran diri dari DPR
Baca juga: Tiga srikandi akan beradu gagasan untuk membangun Jawa Timur

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024