Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini dan saya mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh DTC dalam (mempercepat) digitalisasi. Saya meyakini digitalisasi adalah kunci untuk kemajuan inovasi di semua sektor
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan digitalisasi adalah kunci utama yang akan mendorong kemajuan inovasi di berbagai sektor, termasuk dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu diutarakan Wapres saat menerima audiensi perwakilan Digital Transformation Center (DTC) Institut Teknologi Bandung (ITB) di kediaman resmi Wapres di Jakarta, Senin.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini dan saya mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh DTC dalam (mempercepat) digitalisasi. Saya meyakini digitalisasi adalah kunci untuk kemajuan inovasi di semua sektor," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres juga menyoroti pentingnya pengembangan SDM sebagai prioritas utama, mengingat meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia. Ia pun menyatakan bahwa beberapa institusi pendidikan formal belum mampu menghasilkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca juga: Wapres: Perlu terobosan agar semua pemda terapkan transaksi digital

"Jumlah pengangguran tampaknya meningkat, meskipun ini perlu dicek lebih lanjut. Oleh karena itu perubahan besar sedang dilakukan, termasuk di sektor pendidikan politeknik," lanjut Wapres Ma'ruf Amin.

Seiring perkembangan zaman, kata dia, ketidaksesuaian antara keterampilan SDM yang ada dan tuntutan dunia kerja dapat menciptakan kesenjangan. Wapres menekankan pentingnya pelatihan ulang bagi tenaga kerja yang ada, serta peningkatan keterampilan bagi mereka yang telah tertinggal.

"SDM yang ada sekarang sudah tidak lagi sesuai dengan tuntutan (pasar kerja). Kalau tidak segera (ditangani), kesenjangan akan semakin lebar," jelas Wapres Ma'ruf Amin.

"Jadi perlu ada peningkatan lagi, reskilling, di samping juga (menciptakan) produk barunya, kemudian produk lama yang sudah tertinggal, dia harus di-upgrade," tambah Wapres.

Melalui inisiatif DTC, Wapres berharap transformasi digital akan menghasilkan inovasi yang signifikan, khususnya dalam mendukung pengembangan SDM.

Baca juga: Wapres: Indonesia harus berdikari secara ekonomi digital

Ia menekankan Indonesia tidak bisa lagi hanya bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA), tetapi harus mengandalkan SDM yang berkualitas dan berpengetahuan luas.

"Walaupun kita banyak sumber daya alam, kita akan tertinggal kalau SDM tidak kita siapkan," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

"Saya kira bapak-bapak ini harus bisa mengubah keadaan, perlu menyulap keadaan. Karena ilmu pengetahuan dan inovasi terus berkembang. Kita tidak bisa mengandalkan sumber daya alam (saja)," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Adapun Direktur Eksekutif DTC ITB Agus Budiyono menyampaikan misi DTC adalah mengawal proses transformasi digital di berbagai sektor, termasuk kementerian, lembaga, BUMN, dan masyarakat luas. Tujuannya adalah meningkatkan nilai inovasi di tengah masyarakat Indonesia.

"Kita merupakan anggota G20, tapi peringkat inovasi global kita berada di posisi 75. Jadi memang harus dilakukan program pengembangan SDM terus menerus, dan DTC ini ada dalam garda terdepan untuk memulai program pengembangan SDM di Tanah Air," kata Agus.

Baca juga: Wapres: Digitalisasi berpotensi ajak kaum muda masuk ke bisnis syariah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024