Sekarang ini masih dapat ditemukan berbagai pelanggaran oleh penyelenggara perjalanan haji dan umrah yang tidak hanya merugikan umat, tapi juga negara ini
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan Forum Silaturahim Asosiasi Travel Haji dan Umrah (SATHU) untuk lebih proaktif dalam menanggulangi pelanggaran aturan haji oleh Warga Negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi.

Dalam pidato sambutan di agenda SATHU di Jakarta, Senin, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan kekhawatiran terhadap pelanggaran yang tidak hanya merugikan umat Islam, tetapi juga nama baik negara.

"Sekarang ini masih dapat ditemukan berbagai pelanggaran oleh penyelenggara perjalanan haji dan umrah yang tidak hanya merugikan umat, tapi juga negara ini," kata Wapres dalam kegiatan yang diikuti secara daring dari Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta.

Baca juga: Wapres: Tingkatkan kualitas pelaksanaan haji lewat pembinaan-pelayanan

Dia menegaskan pentingnya mencegah terjadinya tindakan kriminalisasi terhadap jamaah haji yang tidak patuh pada aturan serta menekankan perlunya sosialisasi yang lebih intensif mengenai hak dan kewajiban selama perjalanan haji dan umrah.

"Jangan sampai orang ini pergi haji, dianggap melakukan tindakan kriminal. Ini kan tidak pas dikriminalisasi, dianggap melakukan kriminal dalam rangka penyelenggaraan haji karena tidak patuh aturan," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin menyarankan agar Forum SATHU aktif dalam meningkatkan literasi masyarakat mengenai tata cara haji dan umrah, mengingat latar belakang budaya jamaah yang beragam.

Baca juga: Wapres tegaskan visa umrah tak bisa dipakai untuk berhaji

Peningkatan pemahaman mengenai manasik dan aturan setempat, kata dia,  diharapkan dapat mengurangi pelanggaran serta menjaga kenyamanan dan ketertiban perjalanan haji.

Wapres juga menggarisbawahi pentingnya evaluasi yang objektif dan transparan terhadap penyelenggaraan haji dan umrah untuk meminimalkan masalah pada masa depan.

"Saya kira forum SATHU juga harus ikut mengambil, mencegah itu terjadi lagi. Sosialisasikan secara periodik hak dan kewajiban umat Islam selama perjalanan haji dan umrah supaya mereka tahu haknya apa, kewajibannya apa," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres sebut RI-Arab Saudi bahas nilai manfaat dari haji dan umrah

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024