Kami terus turun ke masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Jakarta Utara (Bawaslu Jakut) terus berupaya meningkatkan kesadaran warga di daerah setempat agar terlibat aktif untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu dalam tahapan Pilkada Jakarta 2024.

"Kami terus turun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait tindakan pelanggaran pemilu," kata Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jakarta Utara Yapto Sendra di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi terkait pengawasan merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menjaga etika dalam berpolitik serta mendukung proses demokrasi yang sehat.

Menurut dia, sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan pemilihan guna mencegah pelanggaran yang dapat merusak demokrasi.

"Jika ada dugaan pelanggaran mereka dapat memahami langkah pelaporan yang akan dilakukan," kata dia.

Baca juga: Pengamat; Politik identitas sudah mulai ditinggalkan masyarakat

Ia mengajak seluruh masyarakat Jakarta Utara untuk bersatu dalam menjaga keharmonisan selama masa pemilihan kepala daerah,

"Kami juga mengajak pasangan calon dan pendukung untuk berkompetisi secara sehat dan mengedepankan program yang positif demi kemajuan bangsa dan negara," kata dia.

Dengan adanya imbauan ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berperan serta dalam menciptakan pemilihan yang adil, aman dan damai.

Ia mengatakan dalam tahapan Pemilu Jakarta ini sangat pentingnya menjaga suasana kondusif dan persatuan di tengah masyarakat selama proses pemilihan berlangsung.

Dirinya mengimbau seluruh elemen masyarakat, terutama para pemangku kebijakan dan organisasi kemasyarakatan untuk menjauhi segala bentuk tindakan yang dapat memperkeruh suasana seperti polarisasi, kampanye hitam dan negatif.

Baca juga: Bawaslu lakukan pengawasan melekat di posko pemuktakhiran DPS

"Mari kita ciptakan iklim pemilihan yang damai, berintegritas, dan berkualitas," kata dia menegaskan.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya  akan terus memantau perkembangan situasi dan siap mengambil langkah-langkah yang diperlukan jika ditemukan adanya indikasi pelanggaran.

"Kami juga mendorong peran aktif masyarakat dalam melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama masa pemilihan,"kata dia

Ia mengatakan pihaknya merupakan lembaga pengawas pemilihan umum yang bertugas memastikan terselenggara pemilihan umum yang jujur, adil, dan berintegritas di Jakarta Utara.

"Bawaslu berkomitmen untuk menjaga demokrasi dengan mengawasi, mencegah dan menindak segala bentuk pelanggaran pemilihan," kata dia.

Baca juga: Bawaslu Jakbar rekomendasikan perbaikan 21 nama dalam DPS pilkada

Sebelumnya dalam Pemilu Legislatif 2024, Bawaslu DKI menelusuri dugaan tiga pelanggaran kampanye jelang pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif 2024 di DKI Jakarta.

Ketiga dugaan pelanggaran itu yakni salah satu calon legislatif (caleg) yang menggunakan kapal Dinas Perhubungan untuk kampanye.

Kemudian, dugaan pelanggaran lainnya yakni ada caleg DPRD Jakarta Barat yang menggerakkan pihak RT dan RW menjadi tim sukses dan ini tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Lalu, di Jakarta Timur itu ada pembagian sembako dan ini juga masih ditelusuri berdasarkan laporan yang masuk.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024