Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyinggung soal pengurus tandingan dalam sebuah organisasi, yang menurutnya tidak etis dan tidak mencerminkan watak bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres saat menghadiri acara Forum Silaturahmi Antar-Travel Haji dan Umroh (SATHU) dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) di Jakarta, Senin.

Awalnya Wapres menyampaikan selamat kepada AMPHURI yang belum lama ini menyelenggarakan Musyawarah Nasional dan menghasilkan pengurus baru.

“Saya mengucapkan selamat kepada AMPHURI yang sudah terpilih pengurusnya,” kata Wapres.

Dia berharap kompetisi hanya terjadi sebelum penyelenggaraan munas saja. Kompetisi seperti itu menurutnya juga biasa terjadi di organisasi lain misalnya di Nahdlatul Ulama (NU).

“Kalau tadi dibilang ada kompetisi, ada persaingan boleh saja sebelum munas selesai. Kalau di NU itu ada istilah kalau sebelum muktamar itu ger-geran, artinya kalau sebelum munas boleh saja bersaing, tapi kalau sudah selesai harus saling merangkul,” kata dia.

Dia pun meminta setelah selesai munas atau forum pembentukan pengurus baru, agar jangan sampai ada pengurus tandingan.

“Selesai wabillahi taufik wal hidayah jangan sampai ada muncul lagi pengurus tandingan, itu tidak etis. Seperti itu ya bukan watak bangsa Indonesia, bukan watak orang Islam seperti itu. Jadi itu harus dijaga ya suasana itu sesudah munas itu kerja, sebelum munas boleh bersaing,” kata Wapres.

Baca juga: Yaqut sebut dua Muktamar PKB yang berbeda bakal ditentukan Kemenkumham

Baca juga: Ormas sayap PKB minta polisi tak terbitkan izin muktamar tandingan

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024