Harapan saya untuk institusi DPR RI agar lebih banyak lagi anggota yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengatakan bahwa MKD Awards merupakan ajang pembuktian anggota DPR untuk menjunjung etika, baik saat bekerja maupun ketika bersua dengan masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan citra baik bagi lembaga.

"Kalau lebih banyak lagi anggota DPR RI yang menjunjung tinggi etik, ke depannya lembaga DPR ini citra-nya di hadapan masyarakat akan baik," kata Roro di Jakarta, Senin.

Roro yang menjadi salah satu anggota DPR RI yang mendapatkan penghargaan MKD Awards 2024 dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan berkat kerja keras dalam menjalankan tugas sebagai anggota dewan.

Ia menjelaskan bahwa selama menjadi anggota DPR selalu menjaga nilai-nilai etika dan benar-benar dipegang dalam menjalankan tugas dan melayani masyarakat.

Roro yang merupakan anggota DPR RI dari fraksi Golkar menambahkan selama menjadi anggota DPR selalu menjaga transparansi, dan mengkomunikasikan segala hal dengan publik, baik melalui media sosial, maupun bertemu secara langsung.

"Harapan saya untuk institusi DPR RI agar lebih banyak lagi anggota yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika," katanya.

Baca juga: MKD berikan penghargaan bagi anggota DPR berkinerja baik

Baca juga: Ketua MKD sebut etika menjadi tolak ukur penilaian MKD Awards 2024


Selama periode 2019-2024, Roro tercatat aktif dalam beberapa kegiatan, baik nasional maupun internasional. Selain keaktifan-nya tersebut, ia juga menjabat di beberapa organisasi seperti Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), Ketua Grup Kerjasama Bilateral (GKSB) Peru-Indonesia, Anggota Board Member Young Parliamentarians IPU Board Member World Bank Global Young MPs, Sekretaris Kaukus Ekonomi Hijau (KEH) dan lainnya.

Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti memberi keterangan kepada media di Jakarta, Senin (2/9/2024). ANTARA/Khaerul Izan

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI Adang Daradjatun mengatakan bahwa etika menjadi tolak ukur utama dalam penganugerahan MKD Awards 2024 kepada sejumlah politisi DPR RI.

"Yang pasti apresiasi ini untuk mereka yang dinilai layak oleh MKD," ucap Adang Daradjatun.

Menurut dia, ada beberapa penilaian yang diberikan kepada para pemenang ajang MKD Awards, terutama yaitu terkait dengan etika anggota dewan, baik saat di kantor, terjun ke tengah masyarakat, maupun ketika membahas perundang-undangan.

Selain itu lanjut Adang Daradjatun, MKD juga meminta masukan dari beberapa fraksi di DPR RI untuk menilai siapa yang pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kalau berbicara tentang hukum ada aturannya, tetapi kalau etika diatur oleh masing-masing kelompok masyarakat itu sendiri. Bahwa etika menjadi utama dalam konteks penghargaan MKD Awards tahun ini," tuturnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024