Jayapura (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ramses Limbong meminta Dinas Kesehatan setempat serta instansi terkait lainnya mulai menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penangan virus monkeypox (Mpox) atau cacar monyet guna mengantisipasi masuknya dan penyebaran penyakit tersebut.

“Terkait Mpox yang saat ini sudah masuk ke Indonesia, Pemprov Papua melakukan upaya pencegahan agar penyebarannya tidak masif,” katanya di Jayapura, Senin.

Baca juga: Bandara Soetta pasang thermal scanner deteksi virus Mpox

Ia mengaku hingga kini belum ada data masyarakat terkena virus tersebut, namun upaya pencegahan harus disiapkan sejak dini. “Saya juga minta Dinkes agar menyiapkan fasilitas lainnya, yakni obat, cara penanganan, rujukan seperti apa dan semua pihak harus intensif mencegah penyebaran virus ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta pada otoritas bandara dalam hal ini Angkasa Pura segera memperbanyak pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner guna mencegah masuknya virus Mpox.
 
“Khususnya di bandara yang ada di Provinsi Papua, kami minta agar sensor suhu tubuh diperbanyak, khususnya arus kedatangan, sehingga ada pencegahan sedini mungkin dari pemerintah,”katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga terus melakukan edukasi terkait pola hidup sehat dengan terus berolahraga, makan makanan yang sehat serta menjaga imun tubuh tetap sehat.

Baca juga: Bandara Sentani pasang alat deteksi suhu tubuh cegah virus Mpox

Baca juga: Pola hidup bersih kunci atasi Mpox hingga Citroen C5 Aircross jadi EV

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aaron Rumainum mengatakan hingga kini belum ada laporan adanya virus Mpox di daerah itu.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat perlu mengantisipasi dengan menerapkan kebersihan, perilaku hidup sehat, meningkatkan kewaspadaan dini serta cek kesehatan jika merasa sakit, dan tidak lupa untuk selalu mengecek perkembangan terkait virus Mpox tersebut.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024