Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemain dari Indonesian Basketball League (IBL) turut meramaikan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, dengan setidaknya ada 19 pemain yang membela daerah masing-masing di cabang olahraga bola basket.

Dalam kategori putra, terdapat 10 tim yang berlaga, berasal dari provinsi Bali, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, dan Sumatera Utara.

Mengutip laman IBL, terdapat 19 pemain IBL dari kesepuluh tim tersebut yang masuk dalam roster tim PON XXI.

Baca juga: Jadwal cabor bola basket 5X5 di PON Aceh-Sumut 2024

Pacific Caesar Surabaya menjadi tim dengan kontribusi pemain terbanyak di PON kali ini. Empat pemainnya, yakni Frederico Nathaniel Darmawan, Daffa Dhoifullah, Aven Ryan Pratama, dan M. Iqbal Hardianto, memperkuat daerah masing-masing di PON 2024.

Sementara itu, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Harum Bandung, dan Satya Wacana Salatiga masing-masing menyumbangkan tiga pemain.

Dari Satria Muda, Adrien Chalias, Julian Chalias, dan Karl Patrick Gloria tampil membela provinsi mereka.

Prawira menurunkan Refka Pangestu, Hendrick Xavi Yonga, dan Fernando Manansang, sementara Naufal Narendra Ranggajaya, Rexy Fernando, dan Yehezkiel Rahadiyanto dari Satya Wacana juga ikut berpartisipasi.

Baca juga: Bola Basket-Sepuluh tim basket berlaga di PON Aceh-Sumut

Pelita Jaya Jakarta diwakili oleh dua pemain, Anto Febrianto Boyratan dan Greans Tangkulung. Adapun Bali United Basketball, Borneo Hornbills, RANS Simba Bogor, dan Dewa United Banten masing-masing memiliki satu wakil.

Gede Elgi Wimbardi dari Bali United, Sultan Prawira dari Borneo Hornbills, Daniel Salamena dari RANS Simba Bogor, serta Jordan Oei yang baru saja dilepas oleh Dewa United Banten, turut meramaikan kompetisi ini.

Setelah PON usai, para pemain ini akan kembali ke tim IBL mereka masing-masing untuk mempersiapkan diri menghadapi IBL All Indonesian 2024 yang akan datang.

Baca juga: Abby Poedjakesuma: Tekanan mental pasti ada sebagai pemain paling muda
Baca juga: Darius Sinathrya dukung sang keponakan di ajang PON XXI 2024
Baca juga: Basket putra Jatim redam permainan Bali 73-64

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024