Adik-adik adalah para pemuda yang beruntung karena akan digembleng langsung oleh Lemhannas yang telah melahirkan sangat banyak pemimpin
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi meluncurkan program Talenta Muda sebagai Pelatihan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan V Tahun 2024.

"Saya merasa sangat terhormat dan bangga dapat hadir di tengah-tengah para pemuda yang penuh semangat dan berprestasi. Para pemuda di hadapan saya merupakan pemuda pilihan," kata Staf Ahli Menpora Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Yohan, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Talenta Muda Tahun 2024 mengusung tema "Transformasi Pemuda untuk Mewujudkan Indonesia Maju" dan diikuti oleh 110 pemuda pilihan dari berbagai provinsi di Indonesia, yang berhasil lolos dari seleksi ketat yang melibatkan 742 pendaftar.

Program ini merupakan bagian dari upaya Kemenpora RI untuk mendukung pengembangan generasi muda Indonesia agar berperan aktif dalam agenda pembangunan nasional. Yohan menekankan pentingnya mempersiapkan para pemuda dalam menghadapi bonus demografi yang diprediksi akan terjadi pada 2025-2030.

"Bonus demografi hanya akan dialami sekali oleh satu generasi. Jepang, China, dan Korea berhasil mengelola bonus demografi mereka dengan baik, sehingga kini menjadi negara maju. Indonesia harus mampu mengelola hal yang sama, terutama dengan mempersiapkan para pemudanya. Saya berharap semua pemuda yang ada di sini sekarang akan menjadi pemimpin-pemimpin hebat dan tangguh di bidangnya masing-masing pada saat Indonesia Emas 2045 nanti," kata Yohan.

Sebelumnya, Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Andi Susanto melaporkan bahwa program Talenta Muda kali ini diikuti oleh 110 pemuda yang telah lulus dan lolos seleksi dari 742 pendaftar.

Para peserta akan mendapatkan pelatihan intensif yang dipimpin oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), yang dikenal sebagai lembaga yang kredibel dalam membentuk karakter pemimpin nasional.

"Adik-adik adalah para pemuda yang beruntung karena akan digembleng langsung oleh Lemhannas yang telah melahirkan sangat banyak pemimpin. Banyak orang belum merasakan dan menginginkan diklat di Lemhannas, tetapi kalian sudah akan menjalani. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan songsong Indonesia Emas 2045 dengan terus berperan aktif dalam partisipasi kepemudaan di segala bidang, khususnya kepemimpinan," kata Andi.

Program Talenta Muda 2024 berlangsung dari 1 hingga 16 September 2024, dan melibatkan para alumni PKPMN Angkatan I-IV sebagai fasilitator.

Pembukaan acara ini juga dihadiri oleh para Asisten Deputi lainnya serta Analis Kebijakan Ahli Utama di Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI. Selain itu, acara pembukaan turut disaksikan secara daring oleh para Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024