Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas prestasi dari atlet boccia Indonesia, Gischa Zayana dan Muhammad Afrizal Syafa, yang menyumbang medali perunggu di Paralimpiade 2024.

Selain kepada Gischa dan Afrizal, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Bintang Satria Herlangga yang berpeluang meraih medali emas untuk olahraga boccia dalam turnamen internasional untuk disabilitas tersebut.

"Selamat atas prestasi Gischa Zayana dan Muhammad Afrizal Syafa yang meraih dua medali perunggu, serta peluang Bintang Satria Herlangga untuk meraih emas, dari tim boccia Indonesia di Paralimpiade 2024," tulis Jokowi dalam akun X @jokowi yang dikutip di Jakarta, Senin.

Baca juga: Boccia tambah satu perak, Indonesia peringkat 47 Paralimpiade Paris

Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada tiga atlet, mengingat ini merupakan sejarah baru karena pertama kalinya atlet Indonesia bertanding pada cabang olahraga boccia di Paralimpiade

Kepala Negara berharap prestasi dari para atlet menjadi inspirasi untuk terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Ini adalah sejarah baru karena Indonesia untuk pertama kalinya memiliki wakil di cabang olahraga boccia di Paralimpiade. Prestasi para atlet kita menjadi inspirasi untuk terus menjaga semangat juang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," tulis Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, atlet boccia Indonesia, Gischa Zayana dan Muhammad Afrizal Syafa, berhasil mencetak sejarah dengan mempersembahkan dua medali perunggu di Paralimpiade Paris 2024.

Baca juga: Dua perunggu dipersembahkan oleh Gischa Zayana dan Afrizal Syafa

Prestasi itu menjadi tonggak baru bagi cabang olahraga boccia di Indonesia, yang baru pertama kali mengirimkan wakilnya ke ajang Paralimpiade.

Medali perunggu pertama diraih oleh Gischa Zayana setelah tampil gemilang mengalahkan wakil Britania Raya, Claire Taggart, dengan skor 5-2 di South Paris Arena 1, Minggu (1/9) malam WIB.

Prestasi ini menjadi kejutan besar mengingat Paralimpiade 2024 adalah ajang multievent level dunia pertama bagi Gischa sebagai atlet boccia.

"Senang banget, bersyukur banget, tidak menyangka bisa mendapatkan medali perunggu ini. Kemenangan ini karena dibantuin sama Allah SWT," ungkap Gischa Zayana dengan penuh rasa syukur usai pertandingan, dikutip dalam keterangan resmi.
   

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024