Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah meluncurkan aplikasi khusus yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait bantuan sosial (bansos).

Aplikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan sosial disalurkan dengan tepat dan memberikan kemudahan bagi penerima maupun calon penerima dalam memeriksa status, serta menerima notifikasi penting terkait bantuan sosial.

Dengan fitur yang lengkap dan kemudahan akses yang ditawarkan, aplikasi ini berperan penting dalam memastikan bantuan sosial disalurkan dengan efektif dan efisien.

Berikut penjelasan mengenai aplikasi cek Bansos, termasuk definisi, fitur utama, dan manfaat yang ditawarkannya untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses bantuan sosial dengan cara yang lebih efisien.

Definisi aplikasi cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos adalah platform digital yang dirancang oleh Kementerian Sosial untuk membantu masyarakat dalam mengecek dan mengakses informasi terkait bantuan sosial.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima bantuan, jenis bantuan yang tersedia, serta proses dan syarat untuk mengajukan atau menerima bantuan tersebut.

Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah akses informasi dalam penyaluran bantuan sosial yang lebih akurat dan tepat sasaran.

Fitur utama aplikasi cek Bansos

1. Usul dan sanggah

Kementerian Sosial, melalui Aplikasi Cek Bansos, telah menambahkan fitur baru yang disebut “Usul” dan “Sanggah”.

Fitur “Usul” dirancang untuk pengguna mengajukan usulan agar diri sendiri, keluarga, atau individu lain yang memenuhi syarat dapat dimasukkan dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memperoleh bantuan sosial.

Sedangkan fitur “sanggah” mengatasi masalah data seperti ketidaksesuaian dalam penyaluran bantuan, yaitu orang yang berhak tetapi tidak menerima bantuan dan orang yang tidak berhak tetapi tetap menerima bantuan.

 

2. Pengecekan penerima Bantuan Sosial (Bansos)

Fitur utama dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriksa daftar Penerima Manfaat (PM) bantuan sosial di wilayah administratif tertentu.

Dengan cara ini, masyarakat dan pihak berwenang dapat memastikan bahwa bantuan disalurkan kepada calon penerima telah benar-benar memenuhi syarat.
 

Manfaat aplikasi cek Bansos

1. Mempercepat proses pendaftaran, verifikasi, dan penyaluran bantuan melalui platform digital.

2. Pendaftaran DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) secara online tanpa harus datang ke kantor atau mengisi formulir manual.

3. Dapat dengan mudah mengecek status Pengecekan Penerima Manfaat (PM)

4. Dapat mengajukan usul atau sanggahan untuk keadilan dalam penyaluran bantuan.

5. Mendapatkan informasi terbaru seputar program-program bantuan sosial kepada masyarakat.

 

Baca juga: Cara cek Bansos Kemensos 2024 via situs dan aplikasi

Baca juga: Mengenal aplikasi cek bansos dan cara aktivasinya

Baca juga: Kemensos buka stan, sosialisasikan ragam program sosial di HUT BPKP

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024