Kalau kita mau demokrasi berjalan baik, maka seluruh pilar terkait itu harus bisa mendukung dengan baik, contohnya TNI, Polri, ASN harus netral dan tidak berpihak kepada siapapun
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota (Walkot) Jakarta Pusat Dhany Sukma mengingatkan jajarannya agar menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada Jakarta 2024 untuk mewujudkan demokrasi yang baik dan damai.
 
"Kalau kita mau demokrasi berjalan baik, maka seluruh pilar terkait  harus bisa mendukung dengan baik, contohnya TNI, Polri, ASN harus netral dan tidak berpihak kepada siapapun," kata Dhany di Jakarta, Senin.
 
Dhany juga mengajak ASN untuk fokus dengan tugas, pokok, dan fungsinya sebagai pelayanan publik dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar netralitas.

Baca juga: RSUD Tarakan serahkan berkas paslon secara serentak ke KPU pada Senin
 
Dhany mengingatkan netralitas ASN sudah diatur secara jelas, tegas, dan baik termasuk menyangkut komponen-komponen penting dalam penyelenggaraan Pilkada Jakarta 2024.
 
"Silakan tengok lagi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2001 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil atau ASN, bahwa harus netral, ada juga kode etiknya," jelas Dhany.

Baca juga: Jokowi tanggapi tuduhan jegal Anies di Pilkada DKI dan Jabar
 
Selain itu, untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Jakarta 2024, Dhany berharap penyelenggara pilkada juga harus bersikap profesional dan berintegritas. Lalu, partai politik (parpol) tentunya harus bisa melahirkan calon-calon pemimpin yang berkompeten.
 
Adapun pelaksanaan pendaftaran Pilkada DKI ini sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.
 
Sebelumnya, pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selama dua hari pertama 27-28 Agustus berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada 29 Agustus dilaksanakan pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.

Baca juga: KPU DKI sebut tiga paslon siap bersaing dalam Pilkada 2024
 
Ada tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang sudah mendaftar untuk mengikuti berkompetisi pada Pilkada Jakarta 2024 terdiri atas Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.
 
Tiga pasangan tersebut juga telah melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan yang diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024