Kendari (ANTARA) -
Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari atlet, pelatih, mekanik dan ofisial bertolak menuju arena PON Aceh-Sumut secara bertahap.

Ketua Umum KONI Sultra Alvian Taufan Putra di Kendari, Senin, mengatakan cabang olahraga sofbol dan dayung tiba lebih awal di Bumi Serambi Mekah Aceh.

"Para atlet Softball dan atlet dayung sudah menjalani sesi latihan pengenalan arena atas izin panitia PON," kata Alvian.

Pada Sabtu (31/8) Pengurus KONI menggelar rapat mematangkan pemberangkatan kontingen dengan menghadirkan utusan pengurus masing-masing cabang olahraga.
Dibahas sedetail mungkin mulai pemberangkatan dari Kendari hingga tiba di pemondokan masing-masing cabang olahraga baik di Aceh maupun Sumut.

"KONI berkomitmen mengurusi kontingen PON sejak keberangkatan ke Aceh- Sumut hingga kembali di Kendari. Sekecil mungkin permasalahan diharapkan tidak mengganggu konsentrasi para atlet dan pelatih dalam melakoni pertandingan," kata pimpinan rapat Wakil Ketua I KONI Sultra Sigit Prasetyo Raharjo.

Bidang Humas, Media dan Kerjasama Antar Lembaga KONI Sultra menyebutkan kontingen PON XXI Sultra diperkuat 148 atlet yang tersebar pada 28 cabang olahraga.

Ada pun jumlah mekanik, pelatih dan ofisial 47 orang yang mendampingi perjuangan para atlet meraih prestasi terbaik. Pemberangkatan tahap akhir duta olahraga Sultra berturut-turut tanggal 5 hingga tanggal 7 September 2024.

Tercatat 10 cabang olahraga, 109 atlet dan 27 pelatih/ofisial/mekanik akan menjalani pertandingan di Provinsi Aceh. Sedangkan 18 cabang olahraga, 39 atlet dan 20 pelatih/ofisial dan mekanik berlaga di Medan, Sumatera Utara.

Cabang olahraga wilayah Aceh ada 10 cabang yakni triatlon, panahan, hapkido, menembak, selam, sepatu roda, shorinji kempo, sepak takraw, dayung dan sofbol.

Cabang olahraga wilayah Sumatera Utara ada 18 cabang olahraga yakni, biliar, tenis meja, kick boxing, balap sepeda, taekwondo, tinju, binaraga, gulat, karate, squash, wushu, sambo, akuatik renang, golf, bulu tangkis, e-sport, gateball dan atletik.

Baca juga: 97 atlet Sulawesi Tenggara siap bertarung di PON XX
Baca juga: Sultra bidik medali emas kano PON XXI

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024