"Jika nanti diselenggarakan di tahun berikutnya berarti pemilihan akan diselenggarakan pada bulan November 2025,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (1/9) menjadi sorotan, mulai dari KPU sebut ada dua alternatif jika calon tunggal tumbang pada Pilkada 2024 hingga Presiden Jokowi perkenalkan Prabowo kepada peserta IAF.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. KPU: Ada dua alternatif jika calon tunggal tumbang pada Pilkada 2024

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan ketika calon tunggal kalah maka sesuai ketentuan Pasal 54 D ayat 3 ada Pilkada ulang yang dapat diselenggarakan pada tahun berikutnya atau sesuai jadwal lima tahun sekali.

"Jika nanti diselenggarakan di tahun berikutnya berarti pemilihan akan diselenggarakan pada bulan November 2025," kata Idham saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Idham mengatakan bahwa sesuai aturan yang ada calon tunggal pada Pilkada Serentak 2024 harus memperoleh lebih dari 50 persen suara sah, dan jika tidak maka daerah tersebut dipimpin oleh penjabat.

Baca selengkapnya di sini

2. Parlemen Indonesia bangun kolaborasi setara dengan Afrika

Parlemen Indonesia menekankan pentingnya membangun kolaborasi yang setara dengan parlemen negara-negara di kawasan Afrika untuk bersama mendorong kemajuan pembangunan di berbagai bidang.

“Bukan hubungan yang saling mendominasi atau didikte oleh kepentingan sepihak,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani di sela penutupan Forum Parlemen Indonesia Afrika (IAPF) 2024 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu.

Menurut dia, prinsip dalam menentukan nasib sendiri, penghormatan terhadap kedaulatan, dan kesetaraan politik dinilai masih relevan di tengah situasi dunia yang semakin kompleks.

Baca selengkapnya di sini


3. Presiden nyatakan komitmen perkuat kerja sama dengan negara Afrika

Presiden Joko Widodo menyatakan komitmen bahwa Indonesia akan memperkuat kerja sama dan solidaritas bersama negara-negara di kawasan Afrika ketika membuka jamuan santap malam Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2.

“Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika,” ujar Presiden Jokowi di Badung, Bali, Minggu malam.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyatakan bahwa komitmen tersebut akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, selaku calon presiden yang memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca selengkapnya di sini


4. KPU sebut tetap lanjutkan tahapan pilkada setelah masa perpanjangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa setelah masa perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah yang hanya memiliki calon tunggal usai, dan tidak ada calon lainnya, maka akan dilanjutkan tahapan berikutnya.

"Pilkada calon tunggal itu konstitusional karena hal tersebut dijelaskan pada amar putusan MK nomor 100/PUU-XIII/2015," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, dari data yang ada calon tunggal pada Pilkada 2024 berada di 43 daerah dengan rincian satu provinsi, 37 tingkat kabupaten, dan lima kota.

Selengkapnya baca di sini


5. Presiden Jokowi perkenalkan Prabowo kepada peserta IAF

Presiden Joko Widodo memperkenalkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih yang akan meneruskan estafet kepemimpinan Indonesia kepada peserta Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto,” ujar Jokowi ketika membuka jamuan santap malam Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Badung, Bali, Minggu malam.

Jokowi mengumumkan kepada seluruh peserta Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 bahwasanya Prabowo akan dilantik pada Oktober 2024 untuk menjadi Presiden RI ke-8.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024