"Untuk akibat penyebabnya (kebakaran, Red) kami masih melakukan penyelidikan oleh petugas dan sampai saat ini masih berlangsung,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin (1/9) menjadi sorotan, mulai dari Polisi selidiki penyebab kebakaran di Terminal 3 Bandara Soetta hingga TNI-Polri gelar apel gabungan jelang pengamanan Paus dan ISF 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Polisi selidiki penyebab kebakaran di Terminal 3 Bandara Soetta

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta menyelidiki penyebab kebakaran di salah satu tenant food & beverage (F&B) di area keberangkatan Terminal 3 Bandara penerbangan itu pada pukul Minggu dini hari.

"Untuk akibat penyebabnya (kebakaran, Red) kami masih melakukan penyelidikan oleh petugas dan sampai saat ini masih berlangsung," kata Kabag Ops Polresta Bandara Soetta, Kompol Alvin di Tangerang, Minggu.

Ia mengungkapkan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut terjadi. Namun tim penyidik dari Polresta Bandara bersama Angkasa Pura II sebagai pengelola terminal sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan pihaknya menunggu hasil pemeriksaan.

Baca selengkapnya di sini


2. Polda Sumut intensifkan patroli malam di Kota Medan untuk PON XXI

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengintensifkan patroli malam di Kota Medan untuk memastikan keamanan dan ketertiban pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di wilayah ini.

"Kami terus meningkatkan langkah-langkah keamanan di Kota Medan dengan melaksanakan patroli pada malam hari dengan intensif," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Minggu.

Hadi mengatakan Polda Sumut mengerahkan tim Shabara dengan peralatan lengkap untuk melakukan patroli dari pukul 22.00 hingga 05.00 WIB di wilayah ini.

Baca selengkapnya di sini


3. Polri kerahkan anjing pelacak guna maksimalkan pengamanan KTT IAF

Polri mengerahkan tim K9 atau anjing pelacak untuk memaksimalkan pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Afrika Forum (IAF) Ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024 di Bali.

Kasubsatgas Sterilisasi K9 Kombes Pol Soedaryono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa jumlah K9 yang dikerahkan sebanyak 18 anjing.

"Ada tiga ras yang kita bawa, yaitu Belgian Malinois, German Shepherd, dan Labrador. Kita bawa lima anjing dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, lima anjing dari Polda Jateng dan delapan anjing dari Polda Jatim. Jadi, gabungan itu sudah tiba sejak tanggal 28 Agustus 2024," ucapnya.

Baca selengkapnya di sini


4. Petugas Rutan Poso gagalkan penyeludupan narkoba ke dalam rutan

Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Poso, Sulawesi Tengah, menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis sabu yang dilempar orang tidak dikenal (OTK) dari luar tembok ke dalam area rutan.

"Penggagalan tersebut adalah hasil dari deteksi dini petugas Rutan Poso dalam mencegah masuknya barang terlarang ke dalam rutan," kata Kepala Rutan Poso Agung Sulistyo dalam keterangannya diterima di Palu, Minggu.

Ia menjelaskan peristiwa itu terjadi terjadi pada Sabtu (31/8) sekitar pukul 17.01 WITA. Petugas mengambil barang mencurigakan yang jatuh dari atap ruang menonton warga binaan pemasyarakatan.

Baca selengkapnya di sini


5. TNI-Polri gelar apel gabungan jelang pengamanan Paus dan ISF 2024

TNI dan Polri akan melaksanakan apel gelar pasukan gabungan pada besok Senin (2/9) dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan acara International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta.

“Sebagai persiapan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan ISF di Jakarta, akan dilaksanakan apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI Cilangkap dipimpin oleh Dankor Brimob selaku Kaops dan Pangkogabwilhan I,” kata Kepala Satgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2024 Brigjen Pol. Tjahyono Saputro dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, apel pasukan gabungan ini dilakukan agar setiap personel tahu fungsi dan tugasnya, sehingga dalam pelaksanaan nanti tidak ada kesalahan.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024