Kami sebagai Satgasla bertugas melaksanakan pengamanan perairan Bali, baik dari sisi barat, selatan, timur, maupun utara.
Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Laut (Satgasla) Komando Gabungan Pengamanan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP TNI memastikan gelaran High Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 Tahun 2024 di perairan Bali aman dari segala potensi gangguan.

"Kami sebagai Satgasla bertugas melaksanakan pengamanan perairan Bali, baik dari sisi barat, selatan, timur, maupun utara, yang terbagi dalam tiga sektor," kata Komandan Satgasla Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Personel dan sejumlah aset strategis yang dikerahkan, antara lain, KRI Raden Eddy Martadinata 331, KRI Ahmad Yani 351, KRI Untung Suropati 372, Heli Panther O/B KRI REM-331, dan 3 Sea Rider.

Teguh berharap pengamanan ini dapat memberikan rasa aman kepada seluruh delegasi dan peserta, serta mendukung terciptanya suasana yang kondusif selama forum berlangsung.

Di sisi lain, kehadiran Satgasla Kogabpadpam VVIP di perairan Bali merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Laut untuk mendukung keberhasilan berbagai forum internasional penting, sekaligus memperlihatkan kesiapan Indonesia dalam menjamin keamanan dan kelancaran acara tingkat tinggi.

Pengamanan laut ini, kata dia, tidak hanya fokus pada pencegahan ancaman, tetapi juga pada deteksi dini dan respons cepat terhadap segala potensi gangguan. Dengan begitu, keamanan wilayah laut di sekitar Bali selama HLF MSP dan IAF 2024 dapat terjamin secara optimal.

HLF MSP dan IAF 2024 merupakan forum internasional yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dari berbagai negara untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam berbagai isu penting global. Pada tahun ini, kedua forum tersebut dilaksanakan pada tanggal 1–3 September 2024 di Bali.

Menurut Teguh, berbagai upaya TNI, termasuk dari Satgasla Kogabpadpam VVIP, turut memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan perhelatan penting dengan aman dan tertib.

Baca juga: Indonesia dan Zanzibar perkuat ekonomi biru di IAF Ke-2
Baca juga: BSSN bentuk satgas amankan gelaran HLF MSP 2024 dan IAF Ke-2 di Bali

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024