Badung (ANTARA) - Indonesia dan Zanzibar memperkuat kerja sama ekonomi biru dengan mengangkat tema Navigating New Horizons in Blue Economy Cooperation pada Zanzibar-Indonesia Investment Forum yang digelar di sela-sela penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 di Bali.

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Pahala Mansyuri saat membuka forum pada Minggu, mengatakan Indonesia dan kawasan Afrika memiliki potensi besar dimiliki dengan Produk Domestik Bruto (PDB) gabungan sekitar 4,4 triliun dolar AS (Rp68,34 kuadriliun) dan sumber daya alam yang melimpah.

“Dengan potensi yang besar ini, kita harus memperkuat kerja sama di sektor-sektor strategis, terutama ekonomi biru yang sangat relevan bagi negara kepulauan seperti Indonesia dan Zanzibar,” kata Wamenlu Pahala.

Pada forum yang dihadiri lebih dari 100 pelaku usaha dan pemangku kepentingan dari Indonesia, Zanzibar, dan Tanzania itu, Pahala memaparkan Blue Economy Framework yang telah dikembangkan oleh Indonesia yang mampu meningkatkan pengelolaan sumber daya laut secara berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menuturkan potensi kerja sama antara Indonesia dan Zanzibar ada di sektor ekonomi biru, termasuk pariwisata dan perhotelan, perikanan tangkap dan budi daya, pengembangan infrastruktur pelabuhan, pengolahan rumput laut, serta sektor minyak dan gas.

“Ekonomi biru adalah sektor yang sangat potensial untuk kita kembangkan bersama. Ini adalah kesempatan emas bagi para pelaku usaha untuk memperkuat kehadiran di pasar Afrika Timur dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan,” ucapnya.

Sementara Presiden Zanzibar, Hussein Ali Mwinyi, mengatakan Zanzibar dan Indonesia memiliki banyak kesamaan sebagai negara kepulauan dengan komitmen kuat terhadap pengembangan sektor maritim dan kelestarian lingkungan laut.

“Kami mengundang para pelaku usaha dan investor dari Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan sektor-sektor ekonomi prioritas di Zanzibar,” kata Presiden Mwinyi.

Forum Investasi Zanzibar-Indonesia menjadi platform penting untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Zanzibar, serta memajukan kerja sama di sektor ekonomi biru.

Dengan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, diharapkan kolaborasi tersebut akan membawa manfaat nyata bagi kedua belah pihak dan mendorong pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Menteri KKP tekankan ekonomi biru untuk ketahanan pangan  
Baca juga: RI dukung langkah konkret implementasi ekonomi biru di ASEAN

Baca juga: RI usung konsep ekonomi biru jadi solusi kesejahteraan di HLF MSP

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024