Badung (ANTARA) - Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas Bogat Widyatmoko menyatakan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 dan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 mendorong kolaborasi global yang inovatif.

Menurutnya, kolaborasi lintas sektor dalam merumuskan solusi inovatif bersama mitra pembangunan seperti akademisi, filantropis, sektor swasta, serta negara-negara berkembang lainnya merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan.

“Pendekatan ‘business as usual’ tidak lagi memadai untuk mengatasi berbagai tantangan global yang dihadapi dunia saat ini. Diperlukan inisiatif baru yang mendorong kolaborasi erat dengan berbagai mitra dan pemangku kepentingan,” ujar dia di Badung, Bali, Minggu.

Ia menambahkan Indonesia perlu terbuka untuk belajar dari negara-negara lain yang telah berhasil menerapkan praktik-praktik yang dapat diadaptasi di negeri ini, sehingga bisa mendorong daya saing bisnis dan industri dalam negeri di pasar internasional.

IAF dan HLF MSP 2024 merupakan kerja sama antara Kementerian Luar Negeri dan Bappenas.

Penyelenggaraan dua acara ini bagian dari peringatan 69 tahun Konferensi Asia-Afrika, mengedepankan solidaritas dan kerja sama negara-negara berkembang.

HLF MSP dan IAF ini diharapkan menjadi platform yang mempertemukan pemangku kepentingan dari seluruh dunia untuk merancang masa depan lebih inklusif dan berkelanjutan, sesuai Bandung Spirit yang telah menjadi landasan sejak 1955.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani menuturkan penyelenggaraan IAF dan HLF MSP diharapkan dapat menjadi momen penting dalam hubungan Indonesia dan Afrika.

HLF MSP 2024 sendiri mengusung tema "Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change”.

Terdapat sesi utama Joint Leaders Session Indonesia-Afrika (IAF) dan HLF MSP 2024 serta High-Level Plenary Session pada hari kedua.

Selain sesi utama, forum ini juga akan menggelar 12 parallel events dan 17 side events yang berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua.

Baca juga: Kemlu: IAF 2024 harus ubah persepsi tentang Afrika
Baca juga: Presiden Joko Widodo tiba di jamuan santap malam IAF Bali
Baca juga: RI usung konsep ekonomi biru jadi solusi kesejahteraan di HLF MSP

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024