Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menghadiri jamuan santap malam Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 di Intercontinental Bali Resort, Badung, Bali, Minggu malam.

Presiden Jokowi saat ini telah tiba Pulau Dewata. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, sekitar pukul 15.40 WITA.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan Indonesia-Africa Forum Ke-2 akan secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo melalui upacara pembukaan yang akan digelar di Hotel Mulia Nusa Dua Bali Senin, 2 September 2024.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral di sela-sela forum tersebut.

Adapun sejumlah pemimpin negara-negara Afrika telah tiba di Bali untuk menghadiri dua Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2, yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 1-3 September 2024.

Berdasarkan siaran pers Tim Komunikasi dan Media HLF-MSP dan IAF 2024 pada Minggu, disebutkan bahwa kedatangan para pemimpin tersebut menandai awal penting dari kolaborasi internasional yang semakin erat antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Bali adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Baca juga: Kemlu: Sektor pangan, energi, kesehatan, mineral jadi fokus IAF ke-2

Baca juga: Indonesia-Afrika perluas kerja sama mineral kritis untuk baterai EV

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024