Beijing (ANTARA) - Indeks manajer pembelian (purchasing managers' index/PMI) untuk sektor nonmanufaktur China tercatat di angka 50,3 pada Agustus 2024, naik dari 50,2 pada Juli, tunjuk data resmi yang dirilis pada Sabtu (31/8).

Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sementara angka di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

Subindeks sektor jasa berada di level 50,2 pada Agustus, naik dari 50 pada Juli, sementara subindeks sektor konstruksi turun ke angka 50,6 dari 51,2 pada bulan sebelumnya, ungkap Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China.

Rincian data menunjukkan bahwa sektor transportasi kereta, transportasi udara, layanan pos, budaya, olahraga, dan hiburan mencatatkan ekspansi yang pesat pada Agustus, didorong oleh lonjakan belanja musim panas di negara itu, sementara sektor yang terkait dengan layanan pasar modal, sektor properti, dan layanan penduduk membukukan kontraksi, papar ahli statistik senior NBS Zhao Qinghe.

Indeks ekspektasi bisnis (business expectation index/BEI) untuk sektor jasa bertahan di level tinggi 55,4, sementara BEI untuk sektor konstruksi meningkat secara signifikan ke angka 54,7 pada Agustus, tutur Zhao.

Data NBS pada Sabtu juga menunjukkan PMI manufaktur negara itu turun ke level 49,1 pada Agustus. Selesai


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024