Banjarmasin (ANTARA) -
Deputi Pembudayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Muhammad Asrorun Ni’am mengatakan ajang Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) sebagai upaya menemukan minat dan bakat dari generasi muda.
 
Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah ajang Kreativesia yang diikuti pemuda dari 36 provinsi digelar di Pusat Perkantoran Gubernur Kalsel, Banjarbaru, pada 29-31 Agustus 2024.
 
Berdasarkan keterangan tertulis di Banjarmasin, Ahad, Asrorun menuturkan Kreativesia sebagai upaya mendorong peran aktif pemuda untuk menumbuhkan ekonomi dan memunculkan kolaborasi untuk mewujudkan visi bangsa.
 
Menurut Asrorun, Kreativesia juga upaya menemukan bakat generasi muda untuk berkarya membangun kemajuan bangsa melalui kreativitas dan inovasi.

Baca juga: Kemenpora ajak jebolan MCI jadi juri kompetisi kuliner Kreativesia
 
"Kreativesia telah membuktikan bahwa banyak sekali anak muda Indonesia yang memiliki potensi dan kreativitas yang luar biasa," kata Asrorun.
 
Dia mengharapkan Kreativesia bisa memicu semangat kreativitas dan inovasi bagi anak muda untuk membangun Indonesia yang lebih baik
 
Kreativesia 2024 di Kalsel menampilkan berbagai inovasi dan kreativitas dari peserta yang memperebutkan gelar pemenang.
 
Asrorun menekankan pemenang perlombaan tidak hanya peserta yang meraih penghargaan, melainkan generasi muda yang terus berinovasi dan membangun negeri.
 
Untuk itu, Asrorun menyampaikan pesan inspiratif dari Menteri Pemuda dan Olahraga, bahwa orang baik adalah orang yang mampu membuat teman sebayanya menjadi baik.
 
"Begitu juga dengan anak muda berprestasi, mereka harus mampu memanfaatkan kebaikan dan prestasi untuk kepentingan sesama," ucap Asrorun.
 
Pada kesempatan itu, Asrorun menyerahkan petaka kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Selatan, Rudi Irawan sebagai tuan rumah Kreativesia 2025.
 
"Secara resmi Kreativesia saya tutup, dan akan dilanjutkan oleh Provinsi Sumatera Selatan di tahun selanjutnya," ungkap Asrorun.
 
Kegiatan penutupan dirangkai penyerahan hadiah dan medali untuk para pemenang pada setiap kategori lomba Kreativesia 2024, yakni film, fesyen, musik vokal solo, grafika desain grafis, dan teknologi informasi perangkat lunak.
 
Kemudian, lomba kuliner, seni kriya, teknologi informasi perangkat keras, pemilihan duta pemuda kreatif Indonesia, pawai budaya Nusantara dan pemilihan stan terbaik.*

Baca juga: Deputi Kemenpora sebut Kreativesia momen kembangkan kreativitas pemuda

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024