Samarinda (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda menggandeng grup musik Kangen Band dalam rangka sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang digelar di halaman GOR Segiri, Minggu.

"Acara ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024," kata Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat pada sosialisasi yang dipadukan jalan sehat tersebut.
 
KPU Samarinda membagikan sekitar 4.500 kupon untuk konser sosialisasi Pilkada tersebut. Disampaikan Firman bahwa pendaftaran sudah penuh sejak pekan lalu.
 
"Kami bahkan harus menolak beberapa warga yang ingin memaksa masuk karena kapasitas GOR Segiri tidak bisa menampung lebih dari 5.000 peserta," ujarnya.
 
Firman juga mengungkapkan bahwa meskipun sempat diguyur hujan di pagi hari, antusiasme warga tetap tinggi.
 
"Hujan hanya terjadi di awal acara, dan saat jalan sehat dimulai, cuaca sudah kembali cerah. Semoga ini menambah motivasi warga untuk datang dan hadir," tambahnya.
 
Selain jalan sehat, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan yang ditampilkan untuk warga Samarinda. Firman menegaskan bahwa KPU Samarinda memanfaatkan acara ini sebagai media informasi kepada warga bahwa mereka serius dan siap melaksanakan Pilkada 2024.
 
"PPK dan PPS kami wajibkan hadir, termasuk pantarlih yang kemarin sudah bekerja. Ini untuk menambah ramai suasana dan jumlah orang, serta meningkatkan sosialisasi pilkada nanti," jelasnya.
 
Firman juga mengungkapkan beberapa kegiatan besar yang sudah direncanakan oleh KPU Samarinda.
 
Ribuan warga menyaksikan penampilan Kangen Band dalam memeriahkan Jalan Sehat Bersama KPU untuk Pilkada Samarinda 2024, di halaman GOR Segiri, Samarinda, Minggu (1/9/2024). (ANTARA/Ahmad Rifandi)
 

"Kami juga akan mengadakan Gerbang Demokrasi yang disampaikan kepada semua RT, lomba cerdas cermat yang skenarionya dari kabupaten/kota hingga ke provinsi, serta sosialisasi tatap muka oleh beberapa sektor, termasuk menyentuh kelompok disabilitas dan pemilih pemula," paparnya.
 
Sementara itu, anggota KPU Kaltim Abdul Qayyim Rasyid yang turut hadir, mengapresiasi upaya KPU Samarinda sebagai langkah meningkatkan partisipasi pemilih pada 27 November mendatang.
 
"Sosialisasi itu ada dua, yaitu sosialisasi tahapan dan sosialisasi pasangan calon. Hari ini kita melakukan sosialisasi tahapan dalam bentuk jalan sehat," ujarnya.
 
Abdul Qayyim juga berharap kegiatan ini dapat menjadi gambaran partisipasi masyarakat pada hari pemungutan suara nanti.
 
Selain jalan sehat, ia menyebutkan bahwa masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
 
"Ada 11 basis partisipasi masyarakat yang harus disentuh dalam sosialisasi, seperti pemilih pemula, tokoh masyarakat, agama, media, dan lain-lain. Kami juga merancang lomba gapura demokrasi, lomba cerdas cermat, puisi, dan lain-lain di tingkat pelajar," jelasnya.

Baca juga: KPU sebut tetap lanjutkan tahapan pilkada setelah masa perpanjangan
Baca juga: RSUD Tarakan serahkan berkas paslon secara serentak ke KPU pada Senin

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024